Cara Mencegah OVERHEATING

Cara Mencegah OVERHEATING...

Cara Mencegah OVERHEATING

Cara untuk mencegah mesin overheating sejatinya cukup mudah. Kuncinya hanya kemauan dan ketelanan Anda saja. Bila sepeda motor menggunakan sistem pendinginan dengan cairan, maka gantilah cairan coolant secara teratur. Minimal satu tahun sekali.

Sementara, bila motor Anda merupakan motor yang menggunakan sistem pendinginan udara, maka rajin-rajinlah membersihkan radiator. Bila usia motor telah mencapai lima tahun lebih, maka ada baiknya menambahi radiator dengan kipas. "Penempatannya bisa di depan atau di belakang radiator," .Namun, satu hal yang sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan adalah rajin dan disiplin mengganti oli mesin. Pasalnya, oli selain berfungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin juga mendinginkan komponen tersebut saat mereka bergesekan satu dengan yang lain. Bahkan oli juga berfungsi untuk menghilangkan kotoran atau kerak hasil sisa pembakaran, oksidasi di dalam mesin, maupun debu di dalam mesin. Semua partikel tersebut bila tidak dibersihkan akan menjadi piston dan seher tersumbat, akibatnya mesin menjadi panas berlebih, dengan mengganti filter oli yang akan membuat proses lubrikasi atau pelumasan menjadi terhambat .

Begitu pula bila komponen yang panas karena saling bergesekan tidak segera didinginkan, akan memuai. "Bila hal itu terjadi, maka tidak bisa berjalan sempurna dan suhu mesin panas berlebihan," .
http://bengkeluhuy.blogspot.com/
Tujuan dari pemasangan filter oli tersebut untuk menyaring dan mencegah butiran – butiran besi yang di hasilkan pada proses gesekan antar komponen dalam mesin. Idealnya penggantian filter oli di lakukan setiap 7.500km atau setiap 3 kali ganti oli.

Apa yang terjadi apabila kita tidak mengganti filter oli ???????. Filter akan tersumbat oleh kotoran dan butiran besi yang berasal dari mesin, yang akan membuat proses lubrikasi atau pelumasan menjadi terhambat .

Akibatnya adalah mesin akan menjadi kepanasan atau overheating karena salah satu tugas dari pelumas adalah sebagai pembawa dan penghantar panas mesin. Siap – siap aja untuk merogoh saku anda lebih dalam untuk perbaikan motor.

Coba kita bandingkan dengan anda mengganti filter oli secara rutin, filter oli motor hanya berkisar Rp 7.500,- bandingkan apabila motor anda overheat dan piston macet berapa ongkos yang harus di keluarkan?

Demikian Bengkel Informasi Buat Bikers Newbie Tentang Cara Mengatasi OVERHEATING.

Kunjungi terus Website BengkelUhuy.Com Agar Anda Menjadi "UHUY" Khususnya Di Dunia Otomotif !!

Bengkel Uhuy 1/12/2013 09:08:00 AM