Macam - macam VELG MOTOR


VELG MOTOR adalah salah satu komponen sangat vital, karena titik tumpu beban akhir sebelum ban ada pada velg. Velg biasa disebut juga oleh orang awan dengan sebutan pelek atau peleng. Ada 3 jenis velg yang biasa di pakai pada motor yang beredar di Indonesia. Yang pertama velg yang terbuat dari besi, yang kedua velg yang terbuat dari logam alumunium dan yang terakhir adalah velg yang di buat dengan cara cetak atau cor dan biasanya disebut CAST Wheel (CW).

Apa kelebihan dan kekurangan dari masing - masing dari ketiga jenis velg diatas :


Velg ini terbuat dari logam besi yang bagian luarnya dilapis krom. Velg jenis ini terkenal karena kekuatannya menahan beban, maka dari itu sering digunakan pada motor enduro/motocross. Selain kuat biaya produksi dari velg berbahan besi tergolong paling murah diantara velg jenis lainnya. Kekurangan velg besi adalah gampang terserang karat jika tidak dirawat dengan baik.



Velg almunium terkenal karena bobotnya yang ringan jika dibandingkan velg jenis lainnya dan tahan terhadap karat. Oleh sebab itu velg almunium sering digunakan pada motor Drag dan road race. Karena terbuat dari almunium, biaya produksinya lebih besar jika dibandingkan dengan velg berbahan dasar besi. Kelemahan dari velg almunium adalah, karena terbuat dari logam lunak sehingga velg almunium tidak kuat dengan benturan keras dan bobot kendaraan yang berat.
Velg Cast Wheel sering juga disebut velg palang atau velg racing karena sering digunakan pada motor balap. Keunggulan dari velg CW adalah karena bentuknya yang rigid alias kokoh sehingga stabil jika digunakan untuk motor balap. Untuk bobot velg rata-rata sama dengan bobot velg besi, tetapi ada pula yang lebih ringan dengan bahan dasar logam magnesium. Untuk biaya memang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan velg jenis lainnya.

Demikian Bengkel Informasi Buat Bikers Newbie Mengenai Macam - macam VELG MOTORSilahkan Kunjungi Artikel Selanjutnya Tentang Tips Jitu Memilih Velg Motor BEKAS, Semoga Bermanfaat ...

Kunjungi terus Blog bengkeluhuy.blogspot.com Agar Anda Menjadi "UHUY" Khusunya Di Dunia Otomotif !!

Bengkel Uhuy 3/14/2013 09:19:00 AM