Cara Memperbaiki INDIKATOR Bensin pada Motor dan Mobil


Pada saat perjalanan jauh atau perjalanan luar kota, indikator bensin sangatlah diperlukan karena jalur luar kota sangat jarang sekali pompa bensin. Oleh sebab itu apabila indikator bensin motor anda rusak segera perbaiki. Nah ini Cara Memperbaiki INDIKATOR Bensin / bahan bakar apabila terjadi kerusakan.
1. Kerusakan pada indikator bensin biasanya terjadi pada fuel level (pelampung pada tangki motor). Cara mengetahuinya coba anda sambungkan kabel pada fuel level. Apabila indikator bensin hidup dan menandakan full, berarti komponen fuel level rusak.
2. Apabila kedua kabel yang menuju fuel level disambung tetapi tidak ada reaksi dari indikator bensin, segera anda periksa kabel yang berhubungan dengan fuel level dan indikator bensin.
3. Jika kabel sudah oke, Fuel level juga oke tinggal indikator bensin yang berada di Speedometer yang harus di periksa.

Saat pemeriksaan di seputar tangki bensin, ternyata peranti di rumah pelampung kotor dan berkarat. Jarum penunjuk indikator bensin pun memberi info yang salah. Biar enggak kayak gitu, rajin dicek.
“Nggak susah kok. Apalagi cuma butuh obeng min, plus dan cairan penetran atau antikarat. Maklum, bensin kotor kerap memicu peranti itu korosi,”
Nah, kalau udah siap alatnya, pertama buka jok dan cover samping kanan pakai obeng plus biar soket kabel indikator bensin di sebelah kanan tangki gampang dilepas. Baru deh melepas pelampung bensin dengan cara mencopot ke-4 sekrup pengikat pelampung.
Lalu saat mengecek, coba sambungkan soket kabel pelampung seperti semula dan posisikan kunci kontak pada posisi ON. “Coba geser pelampung naik -turun pelan-pelan, sambil lihat indikator bensin. Kalau posisi pelampung di atas, indikator menunjukkan E (habis). Atau sebaliknya pelampung di bawah, indikator akan menunjukkan F. Ini namanya ngaco,”

Bila pelampung ngaco, buka penutup lilitan sensor pelampung. Caranya cungkil kancingnya pakai obeng min, lalu cek apakah ada lilitan yang putus atau cuma kotor. Bila ada lilitan yang putus, mestinya ganti pelampung baru. Tapi, kalau cuma kotor, bersihkan pakai cairan penetran pembersih karat.



Demikian Bengkel Informasi Terkini Mengenai Cara Memperbaiki INDIKATOR Bensin pada Motor dan Mobil.
Silahkan Kunjungi Artikel Sebelumnya Tentang Cara Mengecek Pembakaran yang Sempurna, Semoga Bermanfaat ...

Kunjungi terus Blog bengkeluhuy.blogspot.com Agar Anda Menjadi "UHUY" Khusunya Di Dunia Otomotif !!

Bengkel Uhuy 4/30/2013 11:13:00 PM