EFEK Oli Mesin Motor Melebihi Kapasitas

EFEK Oli Mesin Motor Melebihi Kapasitas...

EFEK Oli Mesin Motor Melebihi Kapasitas

Coba kita perhatikan di sekitar lubang pengisian oli motor, pasti ada tulisan yang menunjukkan ukuran kapasitas oli mesin motor kita. Biasanya di tuliskan dengan satuan mililiter (ml) ada juga dengan satuan liter (l). Misalnya di Motor Matik di tuliskan 1000 ml dan pada bebek 800 ml kecuali Satria FU 1000 ml. Apa sih Efek dari oli mesin yang melebihi kapasitas ?
  • Karena volume oli bertambah, kerja mesin semakin berat. Terutama kerja daerah kruk-as yang kebanjiran oli. Selain sebagai penerus daya, kruk-as motor juga bertugas sebagai gayung untuk membasahi bagian bawah piston dan dinding silinder. Secara otomatis pula tenaga yang di hasilkan motor juga berkurang dengan kata lain tenaga motor menurun.
  • Selain kerja mesin bertambah berat dan tenaga berkurang, konsumsi bahan bakar semakin boros.
  • Efek selanjutnya adalah mesin bisa saja overheat atau kepanasan dan akhirnya macet, karena ruang kosong di dalam mesin terutama di ruang kruk-as yang bisanya di gunakan untuk sirkulasi panas mesin di penuhi oli.
http://www.bengkeluhuy.com/

Demikian Bengkel Informasi Buat Bikers Newbie Mengenai EFEK Oli Mesin Motor Melebihi Kapasitas . Silahkan Kunjungi Artikel Sebelumnya Tentang Cara Mengganti Oli Mesin Buat Bikers NEWBIE, Semoga Bermanfaat ...

Kunjungi terus Website Bengkel Uhuy Agar Anda Menjadi "UHUY" Khususnya Di Dunia Otomotif !!

Bengkel Uhuy 4/12/2013 08:42:00 AM