Fungsi Kopling Pada Motor


Kopling Pada Motor Berfungsi sebagai pemutus dan penerus daya mesin ke transmisi motor. Ausnya kampas kopling motor biasanya ditandai dengan mesin motor berputar tinggi tetapi tenaga tidak tersalurkan ke roda motor. Itu terjadi dikarenakan antara kampas kopling dan plat kopling terjadi slip.

Rata - rata dalam pemakaian normal penggantian kampas kopling pada motor di lakukan setiap 3 tahun sekali. Keausan kampas kopling juga dipengaruhi dengan karakter berkendara pemilik motor dan perawatan rutin kendaraan. Jika pemakaian motor dilakukan dengan cara kasar dan motor jarang di servis rutin, maka tidak sampai 3 tahun pemakaian kampas kopling akan aus.
Sekarang saya akan bahas tentang cara mencoba/mendeteksi kopling motor berfungsi dengan baik atau tidak, karena sering kali setelan kopling tidak tepat.

1. Pengujian saat kondisi motor diam
Tarik handle kopling dan masukkan gigi satu, sambil tambahkan putaran mesin. Jika roda belakang tidak berputar, berarti setelan dan kondisi kopling baik. Jika pada pengujian diatas roda tetap berputar, berarti kopling tidak berfungsi dengan baik atau bisa dikatakan daya mesin ke transmisi tidak sepenuhnya terputus.

2. Pengujian saat kondisi motor berjalan
Tarik handle kopling dengan penuh dan injak rem belakang. Jika mesin tetap menyala, berarti setelan kopling telah sempurna dan baik. Jika dalam pengujian diatas mesin motor langsung mati pada saat kendaraan berhenti, bisa dipastikan setelan kopling tidak tepat atau bahasa bengkelnya kopling tidak nyetut.

Kinerja baik tidaknya kopling juga dipengaruhi oleh kwalitas oli, jika oli terlalu licin karena penambahan aditif oli. Dapat mengakibatkan terjadinya slip pada plat kopling dan kampas kopling, akhirnya daya mesin yang disalurkan ke roda kurang maksimal.



Demikian Bengkel Informasi Buat Bikers Newbie Mengenai Fungsi Kopling Pada Motor.
Silahkan Kunjungi Artikel Tentang Mengenal Macam TENSIONER RANTAI KETENG/KAMRAT dan Fungsinya, Semoga Bermanfaat ...

Kunjungi terus Blog bengkeluhuy.blogspot.com Agar Anda Menjadi "UHUY" Khusunya Di Dunia Otomotif !!

Bengkel Uhuy 4/25/2013 06:19:00 PM