Fungsi Sistem Pendingin Udara Pada Motor

Fungsi Sistem Pendingin Udara Pada Motor...

Fungsi Sistem Pendingin Udara Pada Motor

Sistem Pendinginan mesin pada sepeda motor berguna menjadi media perantara pelepasan energi panas yang dihasilkan ruang bakar motor. Jika energi panas yang dihasilkan ruang bakar tidak dialirkan atau di lepaskan ke udara, maka akan terjadi pemuaian yang berlebihan pada logam komponen mesin yang akan berakhir dengan macetnya piston pada silinder.

Untuk sistem pendinginan udara langsung pada mesin sepeda motor dibagi menjadi 2 macam :

1. Pendinginan langsung dari hembusan angin dari arah depan saat kondisi sepeda motor melaju

2. Pendinginan dengan udara tekan yang biasanya dibantu oleh kipas pendingin.
http://bengkeluhuy.blogspot.com/
Penjelasan :

1. Pendinginan langsung biasanya menggunakan sirip pendingin sebagai media pelepasan panas ke udara, Sistem pendingin ini dapat dibilang yang paling simpel dan bebas perawatan, tetapi jika anda sering melewati jalan yang berlumpur kami sarankan untuk sering memeriksa sirip - sirip pendingin pada kedaraan anda. Di khawatirkan timbunan lumpur dapat mengendap dan mengeras diantara sirip - sirip pendingin mesin, sehingga dapat mengurangi fungsi pendinginan mesin. Jika terlanjur melekat, kotoran dapat dibersihkan dengan cara menggosok dengan ampelas halus sampai kotoran hilang semua.

Kelemahan dari sistem pendinginan ini adalah pada saat motor terjebak macet, maka pendinginan kurang maksimal karena tidak ada hembusan angin dari arah depan motor.

2. Pendinginan udara tekan biasanya dibantu oleh kipas pendingin yang biasanya digerakkan oleh poros kruk-as mesin motor. Pendinginan sistem udara tekan biasa dipakai pada motor bebek jaman dahulu. Kelebihan dari sistem pendingin udara tekan adalah pendinginan tidak bergantung kepada hembusan angin dari arah depan motor saja tetapi di bantu oleh tekanan angin yang dihasilkan oleh kipas pendingin. Sitem pendingin udara tekan juga diaplikasi pada motor yang posisi mesinnya berada dibelakang, contohnya motor matic. Alasan motor matic menggunakan sistem pendingin udara tekan adalah karena mesin motor matic posisinya berada di belakang sehingga tidak mendapatkan hembusan angin dari depan motor

Kelemahannya adalah tenaga motor sedikit berkurang karena digunakan untuk menggerakkan kipas pendingin.

Demikian Bengkel Informasi Buat Bikers Newbie Mengenai Fungsi Sistem Pendingin Udara Pada Motor. Silahkan Kunjungi Artikel Tentang Fungsi Filter Udara pada Motor, Semoga Bermanfaat ...

Kunjungi terus Website BengkelUhuy.Com Agar Anda Menjadi "UHUY" Khususnya Di Dunia Otomotif !!

Bengkel Uhuy 5/13/2013 10:47:00 AM