Mengenal Fungsi Lubang Pernafasan Pada Mesin

Mengenal Fungsi Lubang Pernafasan Pada Mesin...

Mengenal Fungsi Lubang Pernafasan Pada Mesin

Lubang pernafasan berbeda dengan lubang PAIRS pada motor. Meskipun bentuknya hampir mirip, fungsi dari kedua komponen tersebut pun berbeda. Fungsi dari lubang PAIRS, untuk mengalirkan udara murni ke pipa pembuangan (knalpot) sebagai pengurai polutan yang di hasilkan dari sisa pembakaran di ruang bakar mesin. Sedangkan fungsi dari lubang pernafasan mesin akan saya ulas lebih mendalam pada artikel ini. Fungsi dari lubang pernafasan mesin sebagai berikut :

1. Sebagai tempat sirkulasinya udara dalam mesin, maksudnya adalah pada saat Piston berada di Titik mati bawah (TMB) menuju Titik mati atas (TMA) akan terjadi kevakuman di ruang kalter. Sehingga udara dari luar mesin akan terhisap kedalam ruang kalter. Begitu juga sebaliknya pada saat Piston berada di Titik mati atas (TMA) menuju Titik mati bawah (TMB) akan terjadi Pemampatan udara di ruang kalter. Sehingga udara yang berada di belakang piston akan mendorong udara pada kalter untuk keluar dari mesin.

2. Sebagai media pendingin mesin, selain oli sebagai media pembawa panas mesin. Lubang pernafasan berfungsi sebagai media pemawa panas mesin untuk di keluarkan melalui lubang pernafasan dan menggantikan udara panas dengan udara dingin dari udara luar.

3. Sebagai media penghangat udara, maksudnya adalah udara panas yang di keluarkan oleh lubang pernafasan mesin akan di masukkan ke dalam kotak filter udara untuk membantu memanaskan udara yang akan masuk ke karburator. Karena apabila udara yang akan masuk ke karburator dalam keadaan hangat, pembakaran di dalam mesin akan lebih sempurna.

4. Sebagai penyalur kompresi yang bocor. Pada saat mesin melakukan langkah kompresi hampir bisa di pastikan ada campuran bahan bakar dan udara yang nyelonong di antara ring piston dan liner silinder menuju ruang kalter. Pada saat di ruang kalter tersebutlah campuran bahan bakar dan udara yang nyelonong tadi di pompa kembali ke kotak filter udara agar tidak mencemari udara.
http://bengkeluhuy.blogspot.com/

Demikian Bengkel Informasi Buat Bikers Newbie Mengenai Mengenal Fungsi Lubang Pernafasan Pada Mesin. Silahkan Kunjungi Artikel Tentang EFEK Lubang Pernafasan Mesin Tersumbat, Semoga Bermanfaat ...

Kunjungi terus Website BengkelUhuy.Com Agar Anda Menjadi "UHUY" Khususnya Di Dunia Otomotif !!

Bengkel Uhuy 5/16/2013 10:48:00 AM