MENGENAL FUNGSI TUTUP PENTIL BAN

Pentil Ban

Anda mungkin pernah mengalami gara-gara tidak ada tutup pentil terkena tilang saat razia kenderaan bermotor. Mungkin bagi sebahagian kita mengangap tutup pentil ini hal sepele namun sebenarnya ada manfaat tersembunyi dari keberadaan barang kecil ini.

Sebuah penelitian di Amerika pernah menyebutkan, bahwa kurang tekanan angin pada ban jadi penyebab timbulnya kecelakaan. Dan kurangnya tekanan angin itu, salah satu penyebabnya adalah enggak adanya tutup pentil. 

Namun bagi masyarakat kita, keberadaan tutup pentil (valve cap) sering dianggap sepele oleh pemilik kendaraan. Entah karena fisiknya yang kecil atau akibat harganya murah. Padahal komponen ini punya peran penting dalam menjaga ban tetap dalam tekanan ideal. Nah berikut beberapa Manfaat atau Fungsi Tutup Pentil bagi kenderaan Anda :

1. Melindungi Pentil Ban dari Kotoran. 

Debu atau air yang masuk ke pentil dapat merusak katup, membuat material karet sebagai sil di dalam valve menjadi getas,atau menyebabkan terjadinya korosi. Kalau kerusakan ini terjadi, udara di dalam ban akan keluar secara perlahan. Akibatnya tekanan angin ban menurun. Dan bila pemilik kendaraan jarang memeriksa tekanan ban, efeknya konsumsi BBM menjadi lebih boros, dan ban menjadi cepat rusak. Kebocoran kecil ini sulit dideteksi. Padahal menurut data NHTSA (National Highway Traffic Administration), 85% penyebab berkurangnya tekanan angin ban adalah akibat kebocoran halus yang terjadi dalam periode lama. Salah satu penyebabnnya adalah tidak adanya tutup pentil.

2. Mereduksi Kebocoran Pentil 

Dengan adanya Tutup pentil dapat mereduksi kebocoran pentil sehingga tekanan angin ban tidak menurun secara drastis. Hal ini sangat penting ketika kendaraan sedang melaju di kecepatan tinggi.

Mungkin ada beragam keuntungan tutup pentil lainnya yang belum sempat saya posting disini. Intinya jangan anggap sepele tutup pentil karena bisa berbahaya terhadap keselamatan diri dan kenderaan Anda

Sekian postingan Mengenal Fungsi Tutup Pentil Ban, semoga bermanfaat.