MENGENAL JENIS MOBIL BERDASARKAN TIPENYA

Macam-Macam Mobil dan Jenisnya

Sudah lama tidak memposting artikel terkait motor dan mobil berhubung kerjaan offline cukup menyita waktu. Mengingat sekarang sudah agak longgar kegiatan rutinnya, saya ingin kembali memposting artikel yang mungkin berguna bagi saya dan pembaca sekalian.

Kali ini saya ingin berbagi info tentang jenis-jenis Mobil berdasarkan tipenya yang saya sempat baca teknologi.kompasiana.com. Meski saat saya belum memiliki mobil, harapannya dengan postingan ini memacu kerja dan kinerja agar suatu saat memiliki mobil keluarga yang selama ini saya inginkan.

Semenjak pertama kali Mobil ditemukan dengan menggunakan tenaga uap tahun 1672, sejak saat itu mobil telah menjadi bagian hidup manusia. Kalau dahulu mobil hanya berfungsi untuk mencapai tempat tujuan dengan lebih cepat, dahulu rata-rata kecepatan mobil hanya 10 mph atau lebih, sekarang mobil bisa mencapai kecepatan rata-rata di kisaran 150-200 mph. Fitur kecepatan bukan satu-satunya atribut yang telah mengalami perubahan, pengembangan mobil hampir terjadi di semua sisi dan pda gilirannya dapat membantu kita dalam mengklasifikasikan mobil dalam kategori yang berbeda.

Saat ini ada begitu banyak produsen mobil yang menawarkan berbagai jenis model yang memanjakan kita dengan berbagai pilihan sesuai selera. Dengan begitu banyaknya model Mobil, memahami setiap jenis model dan fungsinya dapat membantu menentukan mobil mana yang akan kita miliki.

Berikut beberapa Jenis Tipe Mobil yang beredar di pasaran, silahkan disimak siapa tahu tipe mobil Anda termasuk tipe berikut ini :

1. Mobil convertible

Mobil Convertible adalah mobil kecil dengan atap yang dapat dilipat, sehingga memungkinkan pengguna untuk merubah mobil dari kendaraan yang tertutup ke tipe terbuka. Terdapat dua varian mobil jenis ini – convertible soft top, dimana atap terbuat dari vinyl atau kanvas, dan hard convertible, dimana atap terbuat dari plastik atau baja. Atap ditarik dilipat dan ditempatkan di dalam atau di atas bagasi kendaraan. Beberapa convertible menggunakan lipat manual, sementara yang lain ada yang secara otomatis seprti mobil convertible model sekarang. Kadang-kadang, memisahkan atap bisa menjadi tugas yang membosankan, dan membeli varian power- assisted dapat menghemat banyak masalah. Meskipun sebagian besar convertible dua – seater dan memiliki dua pintu, convertible empat – seater dengan dua atau empat pintu juga tersedia.

Beberapa convertible populer yang adalah : Ford Mustang, Volkswagen New Beetle, Dodge Avenger, Mitsubishi Eclipse Spyder, Pontiac Sunfire.

2. Mobil Coupe

Coupe merupakan Mobil kecil dengan dua pintu mobil dan dua tempat duduk penumpang (seater), ada juga yang  empat-seater, dengan atap yang biasanya cenderung ke arah belakang. Desain unik dari sebuah coupe empat-seater – dan interior yang relatif sempit dengan jarak antara kursi depan dan belakang berkurang drastis, membuatnya tampak dan terasa seperti versi singkat dari jenis sedan. Sebuah coupe dua tempat duduk, di sisi lain terlihat seperti mobil sport. Anda mungkin mengalami masalah kram pada empat-seater coupe – terutama ketika Anda menduduki kursi belakang.

Beberapa model coupe yang terkenal antara lain : Bentley Continental GT Coupe, Aston Martin DBS, Chevrolet Monte Carlo, Jaguar XJ (X351), Ferrari 612 Scaglietti dan Saturnus Ion 4-door coupe.

3. Mobil Hatcback

Hatchback adalah Mobil yang menggabungkan ruang penumpang dengan ruang kargo sedemikian rupa. Mobil-mobil ini biasanya digambarkan sebagai tiga pintu atau lima pintu hatchback, karena adanya pintu tambahan untuk mengakses ruang kargo. Ruang barang dari mobil-mobil menengah dapat diakses dari kursi belakang. Dalam hal ukuran, hatchback berkisar dari mobil subcompact untuk mobil mid-size, dan  keuntungan bagi kendaraan ini akan lebih mudah untuk menggunakannya dalam lalu lintas kota.

Beberapa model hatchback paling populer antara lain : Audi S3, Geo Metro, Dodge Caliber, Mini Cooper, Chevrolet Aveo, Lexus CT 200h, dan lain-lain

4. Mobil Minivan

Minivan adalah mobil menengah, lebih tinggi dari sedan atau hatchback, yang paling dikenal adalah interior luas mereka. Mobil-mobil ini juga disebut sebagai kendaraan serbaguna (MPV) atau kendaraan multi-utilitas (MUVs) seperti yang biasa digunakan untuk penumpang serta transportasi barang. Pada beberapa model mobil, kursi bisa dilipat untuk mengubah mobil penumpang ke kendaraan utilitas. Sementara sebagian besar dari mobil-mobil ini adalah roda depan drive, empat wheel drive minivan tidak benar-benar langka. Namun fitur lain yang aneh, di sebagian besar minivan pintu geser yang membuat tugas pemuatan barang jauh nyaman.

Beberapa model mobil yang paling populer antara lain : Dodge Grand Caravan, Volkswagen Routan, Kia Carnival, Hyundai Entourage, Toyota Sienna, Honda Odyssey, dan lain-lain

5. Mobil Sedan

Sedan berkisar dari menengah untuk model besar, dan biasanya memiliki dua baris kursi dengan ruang yang cukup, tidak seperti jenis coupe . Sementara dua remaja duduk di kursi belakang coupe akan merasa sedikit sempit, dua orang dewasa dapat mengambil kursi belakang sedan tanpa memiliki perasaan seperti itu – yang membuat mobil ini ideal untuk keluarga.

Sedan yang jauh mobil paling umum mobil sedan corolla, dan selanjutnya dikategorikan ke dalam sedan mewah – dengan interior mewah yang mendefinisi ulang konsep perjalanan mewah , dan sedan olahraga – yang terlihat dan terasa sporty karena desain tweak dan mesin yang kuat. Honda Accord, Toyota Camry, Subaru Legacy, Ford Taurus, BMW Seri 7, dan lain-lain adalah beberapa contoh dari sedan tersedia di berbagai belahan dunia saat ini.  Beberapa contoh Sedan Mewah antara lain : Maserati Quattroporte, Lincoln Town Car dan Rolls – Royce Ghost. Beberapa contoh sedan untuk olahraga antara lain :  Aston Martin Rapide , Mitsubishi Lancer Evolution dan Lexus IS – F

6. Sports Car

Mobil sport tidak benar-benar perlu perkenalan, kekuatan ini dikemas mobil dua tempat duduk, dirancang khusus untuk jam kecepatan luar biasa , sangat populer di kalangan semua kelompok umur. Fitur mereka menonjol termasuk mesin berotot, terlihat ramping berdasarkan hukum aerodinamika, manuver menakjubkan, kapasitas tempat duduk terbatas dan kurangnya ruang kargo. Meskipun mobil-mobil ini terlihat dan terasa banyak seperti coupe mewah. Mobil sport tidak diragukan lagi mahal, tapi mobil-mobil ini dimaksudkan untuk orang-orang yang tidak suka berkompromi pada kekuasaan. Sebuah mobil sport dari produsen terkenal – dengan kemampuan untuk 200 mph atau mempercepat dari 0-60 dalam waktu kurang dari 7 detik , pasti akan datang dengan label harga lebih dari $ 400.000.

Beberapa mobil sport paling populer antara lain : Bugatti Veyron Super Sport, SSC Ultimate Aero TT, McLaren F1, Ultima GTR, Ferrari Enzo dan Jaguar XJ220.

7. Sport Vehicle ( SUV )

Kendaraan sport – atau SUV bahwa mereka sering disebut sebagai kendaraan yang dirancang untuk berkendara di jalan biasa serta medan off-road. Di beberapa negara, SUV juga disebut sebagai kendaraan off road . Fitur menonjol dari SUV termasuk ground clearance yang luar biasa, empat – wheel drive dan styling kasar. Tidak semua kendaraan four-wheel drive memenuhi syarat sebagai SUV juga, karena fitur ini juga terlihat pada jenis kendaraan saat ini. Sementara SUV dan station wagon mungkin tampak identik, fakta bahwa yang terakhir dibangun di atas chassis ringan membedakan keduanya. Kendaraan sport yang lebih dikategorikan menjadi tiga jenis SUV kompak, SUV menengah dan SUV ukuran penuh. Meskipun serbaguna , kendaraan ini dapat dikenakan biaya mahal ketika pemeliharaan.

Beberapa model SUV yang popular :
Compact SUV antara lain :  Hyundai Tuscon , Jeep Compass, Range Rover Evoque.
SUV menengah antara lain : Chevy Traverse , Ford Escape, Range Rover Sport.
SUV Full Size antara lain : Toyota Sequoia , Ford Explorer, Lincoln Navigator

8. Station Wagon

Station wagon adalah kendaraan penumpang yang menampilkan atap yang relatif panjang dan area kargo yang luas di bagian belakang. Meskipun ruang kargo di kendaraan ini kurang dibandingkan dengan minivan, kita tidak dapat mengabaikan fakta bahwa ia memiliki ruang penumpang yang setara dengan sedan . Lima pintu kendaraan – dengan pintu kelima di belakang pemberian akses ke area kargo , juga dilengkapi dengan bukaan pintu yang menjamin pemuatan mudah muat kargo . Meskipun konsep ini mirip dengan hatchback , mobil jenis kedua berbeda satu sama lain – terutama dalam hal ukuran . ia popularitas station wagon telah turun akhir-akhir ini , terutama karena munculnya kendaraan sport dan mobil kecil lainnya – kedua kategori perbankan pada suatu sifat karakteristik tertentu.

Beberapa station wagon yang popular antara lain : Honda Accord wagon , Nissan Avenir , Volvo 245DL Wagon , dan lain-lain

Sekian Postingan Mengenal Jenis Mobil Berdasarkan Tipenya, semoga bermanfaat

Sumber Artikel : teknologi.kompasiana.com