Pandangan Tentang Suzuki Shogun Axelo

Suzuki Axelo, motor bebek sport yang sudah berumur setahun lebih setelah launcing pada Januari 2011 lalu. Axelo bisa dikatakan upgradable dari Shogun atau panjangnya Suzuki Shogun Axelo. Bebek sport yang masih tergolong baru ini, aura sporty khas bebek balap masih tetap kental terasa. Tetapi bagaimana peminat dari masyrakat dalam kurun waktu setahun ini. Di jalanan masih jarang sekali ditemui pengguna Shogun Axelo. Apa penyebabnya apakah ada yang kurang menarik di Suzuki Axelo. Maka dari itu maka mari kita bahas.

Spesifikasi mesin dari Suzuki Axelo

Spesifikasi Mesin :

1-silinder, 4 langkah, SOHC

Diameter piston: 53,5 mm

Langkah: 55,2 mm

Kapasitas: 124 cc

Tenaga maks: 9,6 PS @8.000 rpm (standar dan S), 10 PS @8.500 rpm (R)

Torsi maks: 10 Nm @6.000 rpm (standar dan S), 9,9 Nm @6.000 rpm (R)

Dilihat spesifikasi diatas, standar motor sport 125cc. Axelo sudah dilengkapi rem cakram depan dan belakang. Jika menengok ke belakang sejak akhir 90an, nama Shogun seolah menjadi jaminan sepeda motor dengan aura kecepatan. Terbukti dengan berkibarnya bebek Suzuki ini di ajang road race nasional.

Perbedaan dari Shogun sebelumnya tidak terlalau banyak, perubahan paling mencolok memang ada pada desain Suzuki Axelo. Tentunya versi terbaru yang diembel-embeli nama Axelo ini memakai cover bodi yang lebih futuristik. Bagian tebeng depan ini motor sedikit  lebih sporty dibanding pendahulunya shogun sp. Satu yang saya lihat cukup positif adalah suzuki masih meletakkan lampu utama di setang dan lampu sen di tebeng. Bila Shogun sebelumnya terlihat kaku dengan sudut-sudut tajam, Alelo mengimbanginya dengan lekukan yang dinamis.

Belum banyak diketahui apa kekurangan Shogun Axelo, yang tidak ramai di jalanan, mungkin identirtasnya kurang menarik di mata masyarakat. Hal ini juga sama halnya dengan Smash Titan, keduanya kurang ramai di pasaran. Ini juga mungkin selera pasar era ini di sektor matic. Sport 125cc sudah sedikit dilirik, lebih memilih 150cc ke atas untuk kategori motor sport, buktinya Susuki Satria 150 f sangat digemari.

Segi penampilan khususnya Striping dan warna terlihat biasa, auranya tidak menunjukkan itu motor kencang. Padahal promosi yang dilakukan Suzuki adalah mengeksplore performanya. Menurut saya, striping dan cat Axelo perlu diganti dengan yang lebih berani, sporty dan racy. Mungkin yang diganti hanya untuk tipe S dan R saja, atau semuanya lebih bagus.