TIPS CERDAS MERAWAT AKI MOTOR AGAR TETAP AWET

Tips Merawat Aki Motor
Setelah sebelumnya saya pernah membahas Tips Cara Servis Aki Kering Motor kali ini saya akan berbagi Tips Merawat Aki Agar Awet. Tips ini sangat berguna terutama bagi yang baru membeli motor seperti saya (Saya Penggemar Motor Honda, Anda bagaimana?)

Akumulator (accu, aki) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Contoh-contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor. Pada umumnya di Indonesia, kata akumulator (sebagai aki atau accu) hanya dimengerti sebagai “baterai” mobil. Sedangkan di bahasa Inggris, kata akumulator dapat mengacu kepada baterai, kapasitor, kompulsator, dll. Aki merupakan sel yang banyak kita jumpai karena banyak digunakan pada sepeda motor maupun mobil. Aki temasuk sel sekunder, karena selain menghasilkan arus listrik, aki juga dapat diisi arus listrik kembali. secara sederhana aki merupakan sel yang terdiri dari elektrode Pb sebagai anode dan PbO2 sebagai katode dengan elektrolit H2SO4 (http://id.wikipedia.org/wiki/Akumulator)

Sebagai salah satu alat vital pada sebuah sepeda motor, Aki merupakan sumber arus searah yang digunakan pada motor. Jika tidak diperhatikan kegunaannya, tentu akan menyebabkan motor susah dihidupkan. Agar kejadian itu tidak menimpa kita, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar aki motor bertahan lama seperti yang saya kutip dari Bintang Motor. Tips ini cocok untuk motor yang memiliki kick starter (sistem engkol), silahkan disimak :

Perhatikan Air Aki

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah permukaan cairan yang harus tetap berada antara garis permukaan atas dengan garis permukaan bawah atau cek setiap 2 bulan sekali. Jika mendapatkan cairan berada pada garis permukaan bawah tambahkan air aki hingga mencapai batas permukaan atas.

Hindari Memodifikasi Aliran Listrik Aki.

Menyambung kabel ke aki dengan cara tidak benar menyebabkan daya listrik cepat habis. Terlebih bila sistim pengisian ke accu bermasalah.

Biasakan Menggunakan Kick Starter

Walaupun motor tersemat starter elektrik, sebisa mungkin Anda menggunakan kick starter (engkol) untuk menghidupkan mesin motor. Hal tersebut biasanya dilakukan pada pagi hari ketika hendak beraktivitas. Penggunaan kick starter di pagi hari ternyata cukup signifikan menghemat baterai aki.

Perhatikan Jarak Penggunaan

Cara lain yang ampuh menghemat aki motor adalah perhatikan jarak antara penggunaan motor dan tidak menggunakan motor. Biasanya pengguna motor secara acak menggunakan motor.  Karenanya dalam hal ini kita perlu teliti. Sebaiknya menggunakan starter engkol ketika motor tidak digunakan dalam waktu 8-12 jam. Sementara jika motor tidak digunakan dalam waktu singkat (5-7 jam), Anda bisa memanfaatkan eletrik starter.

Sekian postingan Tips Cerdas Merawat Aki Motor Agar Tetap Awet, semoga bermanfaat  untuk kita semua terutama buat Penggemar Motor Honda seperti saya 🙂

Sumber Artikel : bintangmotor.com