TIPS LANGKAH-LANGKAH PERAWATAN MOTOR MATIC

Macam-Macam Motor Matic

Motor matic memang jadi primadona saat ini, biasanya cewek paling suka motor jenis ini karena lebih simple dan mudah. Sebagai sebuah kenderaan yang rutin digunakan, motor matic juga butuh perawatan, salah satunya mencuci agar motor tetap kinclong dan awet. Secara keseluruhan, perawatan motor matic tidak jauh berbeda dengan perawatan motor pada umumnya. Hanya saja pada beberapa bagian, memang perlu perlakuan khusus, seperti part V-Belt yang menjadi sistem perputaran roda.

Melakukan perawatan secara benar dan berkala pada motor matic, tidak hanya dapat berdampak terhadap performa motor yang makin ‘yahud’ tapi juga bisa memperpanjang umur dari part motor matic tersebut.

Nah berikut ini langkah- langkah atau tips yang dapat dilakukan untuk motor matic agar tetap kinclong dan awet, seperti yang saya kutip dari situs welovehonda.com ;

Servis Motor Matic secara Rutin
Lakukan servis secara rutin 2 bulan sekali, seperti cek busi, buka filter udara sampai cek ketegangan V belt, sampai tekanan angin ban serta kondisi rem motor. Dan jangan lupa untuk selalu memanaskan mmotor sebelum dipakai. Lebih baik menggunakan starter engkol untuk menyalakan mesin ketika hendak dipanaskan.

Ganti Oli Sesuai Ketentuan.
Pergantian oli mesin memiliki peranan penting untuk melumasi komponen-komponen mesin. Ganti oli setiap 2.000 km dan kelipatannya. Pakailah Oli yang sesuai dengan motor Matic Anda, kalau Anda pengguna Honda Matic biasanya dibengkel akan diberikan AHM Oil.

Cek dan Bersihkan Kaburator
Bagi mereka yang masih menggunakan teknologi karburator, ada baiknya cek dan bersihkan karburator 3 bulan sekali. Atau setiap kali servis lebih baik dibersihkan.

Cek dan Bersihkan Klep
Tiap 15.000 km klep wajib dibersihkan agar mesin dalam kondisi bagus dan motor tidak ngadat atau mogok. Biasanya kotoransering mengganjal di bagian ini. Apalagi jika motor sering melewati jalanan yang berdebu.

Servis di Bengkel Resmi
Nah ini penting agar kualitas motor Anda terjamin. Bengkel Resmi biasanya juga mempunyai spare part yang asli sehingga bila ada spare part motor Anda perlu diganti akan langsung tersedia disini. Kalau saya pribadi karena pengguna motor Honda biasanya menservis di bengkel resmi Honda yakni di AHASS. Selain sudah memiliki Standart Operasional Prosedur (SOP), mekanik di AHASS sudah dilatih untuk menangani permasalahan-permasalahan motor Matic Honda, mudali dari masalah kecil sampai masalah berat.

Sekian Postingan Tips Langkah-Langkah Perawatan Motor Matic, semoga bermanfaat

Sumber Artikel : welovehonda.com