TIPS UNTUK YANG MUDIK DENGAN SEPEDA MOTOR

Puasa sudah berjalan hampir separuh, jadi sebentar lagi jelang musim mudik 2013. Hajatan bangsa yang melibatkan jutaan manusia + Ratusan kilometer jalan raya. biasanya banyak kejadian yang terjadi sepanjang fase arus mudik dan arus balik, dari kejadian suka cita dan penuh duka.

Nah kali ini balemoto akan berbagi beberapa tips bagi pemudik sepeda motor yang saya ambil dari postingan salah seorang kaskuser. 

Masalah pemudik motor, menjadi PR tahunan bagi pemerintah, sampai sampai pemerintah membentuk agenda tersendiri bagi pemudik sepeda motor, seperti, Pengiriman Sepeda motor ke kota terdekat, mudik gratis pesepeda motor, Pengalihan jalur aman bagi pemotor (Walau kadang makin jauh).


Nah berikut beberapa Tips Bagi Pemudik SEpeda Motor, silahkan disimak :

1. Persiapkan kondisi badan minimal 2-3 hari sebelum perjalanan bagi pemudik pemula.

Yang di maksud pemudik pemula adalah, yang baru pertama kali melaksanakan perjalan mudik. Contohnya, setelah kerja di jakarta 1 tahun akhirnya bisa beli motor dan ingin pulang kampung sambil bawa motor baru
Agar di perhatikan jarak perjalanan anda dengan kondisi badan, Perjalanan mudik bukan seperti perjalanan touring biasa apalagi antar kota, kepadatan pengguna jalan, pengalihan rute perjalanan akan sangat menguras tenaga dan pikiran. Jika sudah seperti itu kondisi tubuh akan mudah lelah dan kehilangan konsentrasi dan itu sangat berbahaya. olah raga secukupnya, minum vitamin atau suplemen tambahan jika diperlukan. karena anda akan menghadapi kondisi seperti ini selama berjam jam

Pakailah perlengkapan keamanan berkendara standar : seperti Helm, Jaket, Sepatu, sarung tangan Untuk yang lebih advance bisa menggunakan Body protector atau decker. Dan jangan lupa membawa jas hujan. Ukuran ideal berkendara adalah 3 jam, yaitu setelah 3 jam berkendara baiknya kita beristirahat. Jangan paksakan terus berkendara dengan alasan sudah dekat walaupun kondisi badan sudah menurun. Saat mudik banyak tempat istirahat di tepi tepi jalan, ada yang di buat oleh pemerintah, kepolisian, produk tertentu, atau warga sekitar.

2. Perhatikan barang bawaan anda.

Kadang pemudik terlalu bersemangat akan pulang kampung sehingga melupakan keamanan dan keselamatan.  Dengan membawa banyak barang bawaan dengan bentuk sedemikian rupa dengan rumus asal terikat asal nempel, yang bisa mengurangin keseimbangan dalam berkendara, efeknya membutuhkan konsentrasi dan tenaga lebih bagi pengendara dan jika badan tidak di persiapkan dengan baik bisa berakibat fatal (tips 1).
– Bawa pakaian secukupnya, jangan berlebih.
– Jangan membawa barang atau oleh2 yang kira kira di kampung ada.
– Gunakan sidebox khusus motor agar barang bawaan aman dan seimbang saat di kendarai

3. Pembonceng.

Setelah badan FIT, barang bawaan OKE. jangan lupa ingatkan teman perjalanan anda untuk menjaga kondisi juga. Mudik berboncengan akan lebih melelahkan bagi pengendara, apalagi ditambah macet di perjalanan, karena Pengendara harus selalu menyeimbangkan kendaran dikala macet. Dan di pastikan pembonceng ataupun pengendara saling mengingatkan konsentrasi, pembonceng juga minimal harus tetap terjaga agar tidak terjadi kecelakaan, dikarenakan keseimbangan pembonceng berkurang ketika dia mengantuk.

PENTING..!!
Jangan paksakan anak anda untuk ikut mudik bersepeda motor, Karena sudah banyak korban, anak meninggal dalam pelukan ibu saat mudik. Karena jika siang akan terlalu panas untuk anak, dan malam tidak kuat angin malam yang menusuk tulang.
 

4. Kondisi kendaraan (Sepeda Motor)

Pastikan Motor dalam kondisi baik dan layak jalan. Hal yang perlu di cek pada saat akan berkendara yaitu :
a. Kondisi mesin, pergantian oli dan service berkala sebelum mudik.
b. Kondisi Ban tidak gelembung, gundul, atau kurang angin.
c. Kelistrikan, meliputi kondisi lampu Utama dan lampu jauh, lampu sein depan belakang.
d. Spion, atur kondisi spion sedemikian rupa agar meminimalisir blank spot pada spion.
e. Rantai tidak kendor, Shock breaker dalam kondisi normal
Bawalah alat alat standar untuk perbaikan motor, untuk berjaga jaga jika ada kerusakan yang sekiranya masih bisa di atasi sendiri. Jangan malu untuk meminjam kepada pengendara lain tapi jangan lupa di kembalikan. Kalau bisa persiapkan 1-2 liter bensin untuk cadangan. Karena hampir seluruh SPBU di sisi kiri jalan di jamin penuh. Pengalaman ane pernah kondisi jalan macet panjang dan jarak spbu jauh, biasanya ada pengecer bensin namun harga yang di jual jauh diatas harga normal.

5. Patuhi peraturan dan sopan santun berkendara.

Mungkin karena faktor sudah ingin bertemu keluarga dirumah, faktor kelelahan, jenuh dan stress kadang jalan raya menjadi media pelampiasan, efeknya bisa menimpa diri sendiri maupun pengendara lain.

6. Gatget.

Jaman sekarang kalo ga ngomong gadget rasanya kurang greget, bahkan lemari es aja uda bisa sms’an. Apalagi sekarang jamannya android, ane akan share aplikasi aplikasi yang lumayan berguna ketika mudik.
a. Waze, Aplikasi navigasi yang disertai info trafik real time dari pengguna Waze lainnya. dan info trafik nya lumayan update. 

b. GPS, bisa menggunakan sygic, navitel, myway, papango.

c. Pertamina Mobile : untuk mengetahui posisi SPBU terdekat, sebenarnya bisa menggunakan GPS Sygic karena datanya sudah lengkap dengan spbu dan opsi lainnya namun ukuran data sygic cukup besar. 

Mungkin ada aplikasi lain silahkan menambahkan. Dan kalau ada power bank, atau lighter charger untuk motor.


7. Berdoa


Jangan lupa berdoa karena kita berencana dan Allah yang menentukan, mohon doa dari orang tua jika masih ada, atau keluarga di rumah.

Do’a Mau Pergi Jauh
اللهُ أَكْبَرُ, اللهُ أَكْبَرُ, اللهُ أَكْبَرُ. سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ لَمُقْرِنِيْنَ وَإِنَّا اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ. اللَّهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي الأَهْلِ , اللَّهُمَّ اِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالأَهْلِ

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar.
Subhaanal ladzi sakhkharah lanaa haadza wa maa kunnaa lahu lamuqriniin wa innaa ilaa rabbina lamunqolbuun. Allahumma innaa nas aluka fi safarinaa haadzal birra wat taqwa, wa minal ‘amali maa tardhaah, allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadza wathwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antas shoohibu fis safari wal kholiifatu fil ahli, Allahumma inni a’uudzubika min wa’tsaa-is safari wa kaaabatil mandhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli

Artinya :”Allahu akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Maha suci Tuhan yang telah memperjalankan kami, kepada-Nya kami mendekat dan hanya kepada Tuhan kami kembali. Ya Allah berikanlah kebaikan, ketakwaan perjalanan kami ini, dan jadikanlah perjalanan ini termasuk sebagian dari perbuatan yang Engkau ridhai. Ya Allah ringankanlah perjalanan kami ini dan . Ya Allah Engkau adalah teman dalam perjalanan dan pemimpin di waktu menetap, Ya Allah kami berlindung dari kesusahan dalam perjalanan dan

Sekian postingan Tips Untuk yang Mudik dengan Sepeda Motor, Akhir kata, terima kasih.. hati hati dalam perjalanan dan selamat mudik