110 cc Menjadi Pilihan Konsumen

Berita pasaran sepeda motor Indonesia ternyata menunjukkan bahwa para konsumen lebih banyak memilih motor kapasitas 110-115cc. Jenis motor  terutama bebek dan matic. Tentu saja karena kebanyakan motor berkapsitas 110cc dibanderol harga yang relatif lebih murah di bawah 15 juta an. Tipe sport 125cc ke atas jelas lebih mahal dan biaya perawatan yang lebih. Berarti bebek dan matic low ride masih dicintai masyarakat. Menurutku tipe-tipe motor seprti ini justru bersahabat, ekonomis dan mudah dijangkau, tepat jika kapasitas 110cc menjadi pilihan uatama konsumen, di balik itu ada banyak kelebihannya.

Sepeda Motor dengan Kapasitas CC Paling diminati

Ternyata Honda masih merajai kelas 110cc dengan penguasaan sekitar 94,8%. Kontributor utama Honda di kelas tersebut adalah tipe skutik. Tampaknya, konsumen di Indonesia masih menyukai sepeda motor skutik kelas 110cc milik Honda. Di segmen ini, Honda memiliki andalan Honda Beat. Memang skutik lagi buming tahun-tahun ini, dengan munculnya produk-produk baru tipe matic dari berbagai produsen.

Nomor dua jenis motor yang diminati konsumen berdasarkan mesin adalah kelompok 115cc. Kontribusi segmen ini mencapai sekitar 25,05% terhadap total penjualan motor di Tanah Air.
Yamaha menjadi produsen yang nyaris memborong semua kelas 115cc. Yamaha mengandalkan motor skutik Yamaha Mio di segmen tersebut.Untuk periode triwulan pertama 2012, Yamaha menguasai sekitar 95,7%. Sisanya dikuasai Suzuki. Oh ya, di kelas 115cc, Honda tidak memainkan peran. Entah kenapa, Honda tidak menelorkan produk di kelas tersebut. Barangkali Yamaha improvisasi karena kelas 110cc didominasi Honda. Sehingga, tidak menjadi nomor dua di kelas yang sama, namun menjadi nomor satu di kelas yang berbeda. Sah-sah saja.

Mirip di kelas 110cc, di kelas 115cc, kontributor utamanya adalah motor skutik. Motor yang sedang naik daun itu berkontribusi sekitar 64%, sisanya 36% berasal dari motor bebek. Tidak ada anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) yang bermain motor sport di kelas 115cc. Barangkali terlalu tanggung.

Dari fenomena ini motor berkapasitas 110-115cc mempunyai kelebihan khusus di mata konsumen. Dari awal harga beli, uang muka dibikin terjangkau, yakni di kisaran Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta. Sedangkan lama angsuran disediakan hingga 36 bulan. Selain itu, kedua jenis motor 110cc dan 115cc dianggap cukup ekonomis. Biaya operasional dan perawatannya relatif terjangkau. Sedangkan fungsinya cukup memadai untuk mobilitas sehari-hari para pemilik motor.

Seharusnya produsen bisa mempertahankan produk ini, tanpa mengurangi kualitas ataupun menjadikan harga melejit mahal. Karena sepeda motor sudah menjadi kebutuhan utama di zaman sekarang ini.