Begini Cara Merawat Oli Cooler Satria F150 Agar Kinerja Tetap Maksimal

Merawat oil cooler Suzuki satria F150 – Oil cooler berfungsi untuk mendinginkan oli pelumas yang disirkulasikan menggunakan sebuah pompa. Dengan begitu temperature yang notabene memiliki kapasitas silinder yang cukup besar serta perbandingan kompresi yang juga besar bisa terjaga dengan optimal.

Banyak orang yang mengira bahwa oil cooler merupakan radiator, akan tetapi semua itu salah kaprah. Apabila dilihat sekilas memang terdapat kesamaan dalam hal bentuk antara radiator dan oil cooler pada satria F150. Padahal apabila dilihat fungsinya memang berbeda.

Begini Cara Merawat Oli Cooler Satria F150 Agar Kinerja Tetap Maksimal

Untuk mendapatkan kinerja oil cooler yang maksimal tentunya perlu dilakukan perawatan secara berkala atau periodic. Memang selama ini teknologi yang dibawa oleh pihak Suzuki yang telah diperkenalkan sejak tahun 2005 silam tidak terjadi masalah apapun. Akan tetapi terdapat beberapa sparepart terkait yang apabila mengalami masalah maka akan sangat mengganggu dari kinerja oil cooler. Apabila hal tersebut terjadi maka resikonya adalah mesin satria F150 akan mengalami overhead. Oleh sebab itulah perlu dilakukan perawatan, lantas bagaimana cara merawat oil cooler untuk Motor satria F150?

BACA JUGA :  TIPS MENGHADAPI KENAIKAN HARGA BBM

Perawatan Pada Oil Cooler Satria F 150

Filter Oli

Filter oli merupakan komponen yang berfungsi menyaring kotoran yang bercampur pada oli pelumas. Oleh sebab itulah perlu dilakukan pergantian agar dalam melakukan pekerjaannya akan lebih maksimal, minimal dilakukan pergantian setiap 3 kali mengganti oli.

Cek Kebersihan Filter Oli

Apabila terdapat kotoran yang menempel pada filter oli, maka sirkulasi dari oli pelumas akan terhambat yang tentunya sangat mengganggu. Sehingga perlu sekali untuk melakukan pembersihan.

Pastikan Gear Pompa Oli Bekerja Dengan Baik

Pompa ini berfunsi untuk memberikan tekanan pada oli pelumas sehingga bisa bersirkulasi. Apabila ada masalah akibatnya sirkulasi terhambat. Masalah yang biasa terjadi adalah rompalnya pada salah satu gigi gear pompa oli tersebut.

Simak juga:

Cara mengatasi Suara Ngorok Pada Vario 125
Cara Membuat Ban Anti Bocor dengan Mudah
Perawatan Pada Oil Cooler Satria F 150

Itulah tips merawat oil cooler pada satria F150. Apabila filter oli dan pompa oli bekerja dengan maksimal, maka kinerja dari oil cooler tidak akan terganggu, yang menjadikan temperature oli tetap terjaga. Hal tersebut sangatlah penting, karena apabila terjadi overhead maka akan merusak komponen lain seperti silinder head yang bengkok dan kompresi bocor dan sebagainya.

BACA JUGA :  Cara Membuat Ban Anti Bocor dengan Mudah