Cara Membuat Charger Handphone Pada Motor

Membuat charger di motor bisa menjadi suatu kebutuhan, apalagi sekarang jamnnya handphone. Kemanapun kita bepergian, pasti tidak lepas dengan namanya handphone. Mengapa charger di motor diperlukan? Pertanyaan ini yang kadang muncul dan menjadi suatu lelucon bagi sebagian orang. Akan tetapi hal ini penting karena saat anda sedang bepergian jauh dan tidak terasa baterai Hp anda habis, lalu apa yang akan kita lakukan. Masa ingin mampir ke rumah orang, ia kalau kenal kalau gak !!.

Cara Membuat Charger Handphone Pada Motor

Jadi pemasangan charger di motor termasu kebutuhan, dimana handphone adalah suatu alat komunikasi yang tidak dapat ditinggalkan.di tambah lagi saat keadaan genting, misalnya ban bocor atau kehabisan bensin dan tepat berhenti di tempat yang gak ada tambal ban atau jualan bensin. Serta ditambah lagi baterai lowbet, serba bingung kan. Apabila motor dapat mengisa daya baterai hp maka masalah dapat terpecahkan. Tinggal colok telfon teman deh, beres kan.

Cara Membuat Charger HP di Motor

Kembali kepokok permasalahan, membuat charger hp sebenarnya sangat mudah dan bahannya pun mudah didapatkan di toko elektronik. Pada dasarnya aki juga bisa disebut powerbank yang bisa gunakan untuk kebutuhan mengecas hp anda. Sedangkan pada sepeda motor, aki merupakan sumber kelistrikan yang menyalur ke beberapa komponen yang sangat penting seperti starter dan lainnya. Lalu bagaimana cara membuat charger hp pada Motor?

BACA JUGA :  TIPS CARA SERVIS AKI KERING MOTOR

Aki sepeda motor biasanya memiliki tegangan 12 volt, sedangkan input tegangan pada ponsel adalah sektiar 3,7 volt. Apabila dihubungkan langsung maka akan terjadi kerusakan pada HP. Oleh sebab itu diperlukan sebuah rangkaian regulator untuk menurunkan tegangan (stepdown) dari 12 volt menjadi sekitar 3,7 volt. Caranya pun tidak begitu rumit, mari kita simak:

Bahan membuat Charger Hp di motor

Solder dan Tenol
PCB matrik
IC 7812 dan 7805
Kapasitor elco 2200uf/25v dan 220uf/16v
saklar
sekring
kabel
Box
USB (bisa menggunakan USB bekas)

Cara Membuat Charger Hp Di Motor

Siapkan solder beserta tenolnya dan siapkan semua bahan-bahan diatas. Tata bahan-bahan di PCB dan rangkai seperti rangkaian dibawah ini.

Cara Membuat Charger Handphone Pada Motor

Solder rangkaian serapi mungkin

Pasang sekring dan saklar kabel in serta USB di kabel out.

Yang harus diperhatikan, pada USB yang anda gunakan biasanya memiliki 4 kaki. Kaki kanan adalah (+) dan  kaki kiri (-), sedangkan 2 kaki ditengah tidak digunakan.

Masukan rangkaian di box agar terlihat rapi.

BACA JUGA :  BEBERAPA MODEL KUNCI KONTAK BERMAGNET PADA SEPEDA MOTOR

Baca Juga:

Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Mati Atau Rusak
Tips Cara Servis Carburator Motor Bebek Non Injeksi

Demikianlah informasi tentang cara membuat charger hp di motor, sangat mudahkan selamat mencoba.