Cara Membuat Sepeda Motor Irit Bahan Bakar

Memiliki sepeda motor yang konsumsi bahan bakarnya irit merupakan keinginan setiap orang ditambah lagi performa yang mumpuni. Terlebih lagi bagi para pengendara yang selalu mengandalkan motornya untuk bepergian jauh. Apabila konsumsi bahan bakar boros tentunya pengeluaran dalam membeli bensin akan merasa sedikit terbebani, bisa saja sisa gaji dari bulanan atau mingguan anda tidak bisa tersimpan dengan baik karena untuk membeli BBM. Lalu bagaimana agar sepeda motor irit bahan bakar?

Cara Membuat Sepeda Motor Irit Bahan Bakar

Speda motor memiliki teknologi masing-masing untuk membuat bahan bakar menjadi irit, semuanya tergantung produsennya masing-masing. Akan tetapi teknologi yang dipakai rata-rata menggunakan system yang sama. Sebenarnya teknologi hanya menentukan 40% dalam konsumsi bahan bakar, sedangkan 60% terletak oleh habit pengendara. Jadi untuk membuat sepeda motor anda menjadi irit bisa diganti dengan model injeksi atau bisa juga dengan mengubah cara berkendara anda.

Cara Membuat Sepeda Motor Irit Bahan Bakar

Pada sepeda motor yang telah menerapkan sistem injeksi, durasi injeksi terlama adalah pada saat akselerasi dan durasi injeksi terpendek adalah saat deselerasi. Pada sistem karburator justru sebaliknya, karena pemasukan bahan bakar ke silinder berdasarkan kevakuman maka jumlah bahan bakar yang terhisap paling banyak adalah saat terjadi kevakuman paling tinggi. Kevakuman tertinggi pada saat deselerasi karena saat itu putaran mesin masih tinggi sedangkan thtottle menutup penuh. Meskipun kedua sistem tersebut berbeda namun dapat disimpulkan bahwa mengendarai kendaraan dengan tidak tetap (sering melakukan akselerasi ataupun deselarasi) akan membuat sepeda motor anda boros bahan bakar.

Jika menginginkan sepeda motor irit bahan bakar , mulailah berkendara secara stabil atau dalam kecepatan konstan. Jangan selalu memainkan gas secara dadakan, putar gas dengan kecepatan putaran standar.Setiap sepeda motor memiliki tenaga maksimum dan torsi maksimum sendiri-sendiri. Honda Vario 125 misalnya memiliki tenaga maksimum 11,3 ps pada putaran 8500. Maka biasakanlah mengemudi pada range tersebut. Dengan demikian mesin selalu bekerja dalam kondisi yang optimal. Selain membuat sepeda motor irit bahan bakar juga akan membuat komponen-komponen engine awet. 

Jadi inti agar bahan bakar sepeda motor menjadi irit adalah dengan mengubah gaya berkendara anda terima kasih.