Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Mati Atau Rusak

Untuk memperbaiki starter motor harus tahu gejalanya, komponen yang satu ini memiliki peran yang cukup penting pada kendaraan roda 2, sepeda motor yang dilengkapi dengan kick starter tidak masalah motor starter mati karena masih ada solusinya yaitu diselah atau menggunakan kick starter. Namun diantara motor yang beredar saat ini ada yang tidak menggunakan kick starter, lalu apa jadinya bila mengalami hal tersebut, tentu jalan satu – satunya adalah dengan mendorongnya. Dai itu sangat merepotkan.

Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Mati Atau Rusak

Cara memperbaiki starter motor

Sebelum memperbaikinya anda harus tahu dulu penyebabmya. Untuk mengetahui gejalanya ingatlah gejala awal sebelum starter motor mati atau rusak. Misalkan seperti suaranya kasar atau bahkan tanpa suara saat tombol starter di tekan, tapi motor starter tidak ada suara sama sekali. Hal ini biasanya disebabkan oleh aki / accu motor yang lemah.
Kerusakan yang terjadi pada starter motor biasanya terjadi pada 4 komponen ini yakni rangkaian, baterai (aki), relay starter dan Motor starter. Semuanya harus diperiksa agar tahu kerusakan yang terjadi pada starter motor dimana letaknya.

Memeriksa dan Memperbaiki Starter Motor

Baterai(Aki)

Aki adalah komponen yang berfungsi sebagai sumber listrik dan menjadi sangat penting bagi sepeda motor. Pada starter motor juga mengambil listrik dari aki, jika padsa saat anda menekan tombol starter dan dynamo starter atau motor starter diam saja tanpa suara tanpa berputar, maka yang harus dicek lebih dahulu adalah aki atau baterai. Untuk memeriksanya menggunakan multimeter atau avometer, periksa tegangan baterai apakah baik atau tidak. Ukuran aki dalam keadaan baik menggunakan ukuran multimeter adalah tidak kurang dari 12 Volt. Jikakurang dari 12 v maka kemungkinan aki rusak atau bermasalah.

Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Mati Atau Rusak

Rangkaian Starter

Apabila saat memeriksa baterai masih bagus dan tidak terjadi masalah, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa rangkaian starter.  Cara  memeriksanya dengan melihat apakah ada kabel yang putus, periksa socket dan tombol starter yang mungkin kotor kena debu. Untuk mengecek rangkaian starter menggunakan multimeter, apakah arus listrik mengalir tau tidak. Dan jika ada kabel yang putus segera ganti baru, apabila lagi bokek bisa disambung lagi. Sedangkan apabila kerusakan terjadi pada tombol starter, anda bisa membersihkannya dengan amplas yang halus.

Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Mati Atau Rusak

Bendik (Relay Starter)

Bendik berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk menghubungkan dan memutus aliran listrik yang cukup tinggi dari baterai menuju motor starter. Untuk mengeceknya anda bisa menggunakan kabel(ada socketnya) sambungkan ke baterai + dan -, jika mengeluarkan suara seperti “Cetak” berarti komponen ini masih bagus. Jika tidak ada suara apapun kemungkinan bendik sudah mati. Dan untuk memperbaikinya sangat mudah yaitu cukup membeli yang baru.  wkwk

Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Mati Atau Rusak

Motor starter atau Dinamo

Kerusakan pada komponen ini jarang terjadi, untuk memeriksanya menggunakan multimeter dengan cara ujung kabel “+” di hubungkan ke motor starter dan ujung Kabel “-” dihubungkan dengan massa. Selanjutnya tekan tombol starter, jika ada arus listrik maka komponen tersebut sudah rusak atau mati.

Kerusakan yang terjadi pada motor starter terbagi menjadi 2 bagian yaitu Sikat (brush) dan Kumparan. Jika Brush aus maka anda bisa menggantinya dengan yang baru, akan tetapi bila kumparannya yang rusak, jalan satu satunya adalah membawanya pada tukang servis dynamo yang sudah ahli tentunya.

Simak juga:  Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Oli Mesin Pada Motor

Demikian informasi tentang cara memperbaiki starter motor yang rusak atau mati, dan hal ini bisa dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan berguna bagi semuanya.
Demikianlah tadi cara memperbaiki starter motor yang bisa anda lakukan dirumah. Nah agar starter motor awet sebaiknya lakukan perawatan starter motor secara rutin.