Cara merawat Electric Starter Sepeda Motor agar tetap optimal

Merawat Electrik starter pada Motor – Tidak dipungkiri lagi bahwa penggunaan electric starter memang sangat membantu. Dengan menggunakan komponen tersebut maka pengguna sepeda Motor tidak perlu repot untuk menggenjot selah atau kick starter. Dengan adanya electric starter, pengguna hanya perlu memencet saja untuk menghidupkan mesin.

Akan tetapi dengan lamanya pemakaian pastinya electric starter juga akan mengalami kerusakan. Pada saat tombol starter dipencet, terjadi putaran yang tidak lancar atau nyendat-nyendat dan bahkan bisa terjadi juga Motor starter tidak mau berputar. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi hal tersebut maka perlu dilakukan perawatan pada komponen electric starter dan komponen lainnya.

 Cara merawat Electric Starter Sepeda Motor agar tetap optimal

Pada komponen electric starter biasanya menggunakan pengen dali negative, yang artinya positif daya pada baterai langsung menuju Motor starter. Sedangkan tombol sakelar hanya berfungsi untuk menyambung dan memutuskan aliran negatif. Hal tersebut tentunya ada keuntungan dan kerugiannya. Untuk kerugiannya adalah soket, konektor dan swift sering terjadi kerak, oleh sebab itu sangat perlu untuk dibersihkan dan perawatan supaya kinerja dari elektrik starter kembali normal dan lancar.

BACA JUGA :  TIPS CERDAS HEMAT MENCUCI HELM SENDIRI

Cara merawat Electric Starter Sepeda Motor agar tetap optimal

Bersihkan konektor rangkaian motor starter

Lepaskanlah soket (biasanya berwarna merah) yang menuju tombol starter. Setelah itu bersihkan dengan menggunkan cairan penetran. Untuk caranya cukup dengan menyemprotkanya pada bagian tersebut, kotoran /kerak sudah hilang.

Bersihkan Konektor Pada Tombol Starter

Munculnya kerak yang menempel pada tombol starter diakibatkan oleh lamanya pemakaian. Untuk itu buka terlebih dahulu dudukan tombol starter dengan menggunakan obeng plus. Gosok dengan menggunakan ampelas halus pada konektornya.

Cek Switch Tuas Rem

Pada motor-motor matic untuk menyalakan mesin dengan menggunakan electric starter perlu menekan tuas rem. Hal ini dikarenakan adanya switch atau saklar pada tuas rem. Nah jika motor starter tidak bisa berputar saat tombol ditekan, ceklah kondisi switch tersebut. Caranya dengan menjumper dengan menggunakan kabel. Jika setelah dijumper, dan tombol starter ditekan tetapi motor tidak berputar maka bisa disebabkan switch pada tuas rem tersebut sudah rusak. Switch ini dijual dipasaran dengan harga sekitar 30 ribu.

BACA JUGA :  Begini Cara Merawat Oli Cooler Satria F150 Agar Kinerja Tetap Maksimal

Demikianlah 3 langkah yang bisa dipraktekkan untuk perawatan electric starter pada sepeda Motor agar tetap bekerja dengan optimal. Apabila langkah di atas telah dilakukan dengan benar dan Motor starter masih tetap tidak bisa berputar maka kemungkinan terjadinya masalah disebabkan oleh aki yang soak atau telah rusaknya mmotor starter.

Baca juga;

Begini Cara Merawat Oli Cooler Satria F150 Agar Kinerja Tetap Maksimal
Penyebab Air Radiator Kecoklatan dan Cara Mengatasinya