Cara Mudah Belajar Mengendarai Motor Kopling

Mengendarai Motor kopling bagi terlihat mudah, itu bagi yang sudah bisa. Berbeda dengan yang baru ingin belajar pasti akan timbul rasa was was dan gerogi karena kebanyakan pemula mengendarai motor kopling selalu mesin mati pada saat pelepasan handle kopling.

Pada dasarnya, semua kendaraan bermotor menggunakan komponen kopling, karena fungsi kopling adalah untuk memutus dan menghubungkan putaran dari engine menuju transmisi. Sedangkan yang disebut motor kopling adalah yang menggunakan kopling manual yakni pada stang kemudi terdapat handle kopling. Contoh Sepeda Motor yang menggunakan kopling manual Yamaha Vixion, Satria F, Jupiter MX, Fiz R dan masih banyak lagi.

Cara Mudah Belajar Mengendarai Motor Kopling

Motor bebek yang menggunakan kopling otomatis tinggal injak saja saat akan melakukan pemindahan gigi. Tapi terdapat kelemahan yang sangat signifikan yakni tenaga dimiliki banyak yang hilang. Oleh sebab itu kebanyakan motor sport menggunakan kopling manual sebgai alat untuk pemindah gigi atau daya.  Jika akan berpindah gigi, maka kopling harus dimainkan. Pola umum perpindahan gigi sepeda motor yang menggunakan kopling manual yakni 1-N-2-3-4-5. Perlu diingat, Untuk melakukan pemindahan gigi dari posisi netral ke gigi 1 gerakan tuas transmisi kedepan, sedangkan untuk melakukan pemindahan dari 2 sampai 5 pemindahan gigi ditekan kebelakang. Sedangkan untuk pengurangan gigi dilakukan tekanan ke depan semuanya, yang berbeda adalah saat mengembalikan posisi netral dari posisi 1. Untuk melakukannya ditekan kebelakang tetapi hanya setengah saja, cukup pake perasaan dan biasanya terdengar suara seperti krekkk. Oke mari kita simak Cara Mudah Mengendarai Motor Kopling?

– Putar kunci kontak pada posisi “ON”

– Lebih baik posisikan transmisi pada posisi netral dengan ditandai menyalanya lampu indicator (biasanya berwarna hijau) kemudian tekanlah tombol starter. Yang perlu diperhatikan dalam menekan tombol starter ini jangan terlalu lama, maksimal 3 detik. Karena jika terlalu lama bisa menyebabkan aki tekor.

– Untuk menjalankan motor masukan gigi transmisi ke posisi gear 1. Caranya tarik terlebih dahulu handle kopling, baru injak tuas transmisi kearah depan.

– Inilah yang kebanyakan orang yang baru belajar mengendarai motor kopling kesulitan. Saat akan berjalan biasanya melepaskan tuas kopling secara mendadak, akibatnya motor langsung mati. Untuk itu lepaskanlah tuas kopling secara perlahan diiringi dengan memutar handle gas secara perlahan.

– Jika kendaraan sudah berjalan maka mulailah untuk melepaskan tuas kopling/ handle rem. Setelah kendaraan berjalan kira-kira 10 Km/ jam lakukanlah penggantian ke gear no.2. Caranya dengan menekan tuas kopling dan injak tuas transmisi ke belakang. Nah yang perlu diperhatikan adalah dalam menekan tuas kopling ini tekanlah secara penuh sehingga kopling benar-benar terpisah dari putaran mesin. Dengan melakukan demikian akan membuat kampas kopling sepeda motor anda lebih awet. Untuk berpindah lagi ke gigi diatasnya lakukanlah dengan cara yang sama.

– Nah jika ingin berhenti, tariklah tuas kopling dan lepaskan atau putar balik handle gas serta diiringi menekan tuas rem.

– Setelah berhenti kembalikan gigi transmisi ke posisi 1, nah untuk memindah ke posisi netral ungkit tuas transmisi ½ saja, jika penuh maka akan kembali ke gear 2 lagi.

– Setelah gigi transmisi ke posisi netral, anda boleh melepaskan tuas kopling dan kemudian memutar kunci kontak ke posisi “off”.

Simak Juga: Cara Membuat Charger Handphone Pada Motor

Itulah beberapa langkah untuk belajar mengendarai motor kopling, dengan latian terus menerus dan selalu mencoba maka tidak akan membutuhkan waktu lama untuk bisa menguasai motor kopling.