Cara Mudah Mengganti Wiper Mobil

Mengganti wiper Mobil – Pada saat musim hujan salah satu komponen yang sangat berperan penting adalah wiper. Adapun fungsi dari wiper adalah membersihkan kaca depan dari noda debu ataupun air hujan yang berada di bagian luar kaca Mobil. Tidak hanya itu saja, fungsi wiper juga berguna pada saat musim kemarau yaitu untuk pembersihan debu yang bearada pada kaca depan.

Lantas bagaimana jika wiper tidak berfungsi dengan optimal pada saat hujan lebat? Pastinya pandangan sang pengemudi akan terganggu dan juga bisa beresiko terjadinya kecelakaan. Dengan lamanya pemakaian, akan membuat wiper pada Mobil saudara akan menipis pada bagian karetnya. Dan jika karet pada wiper menipis, maka akan menyebabkan suara berisik yang ditimbulkan. Apabila dibiarkan terus menerus tanpa adanya pergantian, maka bisa saja kaca depan Mobil akan rusak. Oleh sebab itulah sangat perlu untuk memeriksa karet wiper dan juga pergantian secara periodic.

Cara  Mengganti Wiper Mobil

Pada saat mengganti wiper terdapat 2 pilihan yaitu hanya mengganti refill bladenya saja atau mengganti satu unit. Sebagai saran yang bisa admin berikan, apabila usia Mobil sudah lebih dari 3 tahun maka lebih baik menggantinya satu unit wiper, sehingga kinerja dari komponen pembersih kaca tersebut bisa optimal.

BACA JUGA :  Daftar Harga Lampu Mobil HID XENON Terbaru November 2019 | HARGA LAMPU HID MOBIL

Harga satu set wiper berkisar antara 100 ribu hingga 250 ribu. Yang perlu diperhatikan adalah ukurannya, karena berbeda mobil juga berbeda ukuran. Untuk mobil non eropa biasanya memiliki panjang 18 inc – 24 inc. Sedangkan mobil-mobil eropa lebih panjang yakni berkisar 26 inc hingga 28 inc. sedangkan untuk penggantian refill blade saja, harganya cukup murah  berkisar 50 rb hingga 100 rb.

Untuk melakukan perawatan wiper bisa dilakukan dengan cara menyiramkan air pada kaca kemudian wiper diaktifkan. Selain itu jangan lupa untuk melihat kinerja dari wiper tersebut, perhatikan kekenyalan dari karetnya. Apabila sapuan wiper sudah tidak optimal maka bisa menggantinya dengan cara berikut ini.

Cara Mengganti Wiper

  1. Lakukan pengukuran pada wiper menggunakan penggaris dengan satuan inci.
  2. Jika sudah carilah wiper aftermarket yang sesuai dengan ukuran wiper mobil anda.
  3. Dengan menekan dan mendorongnya ke bawah, lepaskan wiper dari rumahnya.
  4. Bersihkan kotoran pada rumah wiper
  5. Pasanglah wiper baru dan pastikan terpasang dengan sempurna pada rumahnya.
  6. Cek kembali kinerja wiper dengan menghidupkanya.
BACA JUGA :  MENGENAL JENIS MOBIL BERDASARKAN TIPENYA

Simak juga:

Itulah tips tentang mengganti wiper pada Mobil yang bisa dipraktekkan dengan mudah dirumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di website tentang Tips seputar otomotif.