Cara Mudah Merawat Ban Motor dan Mobil

Ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan vital. Perannya untuk menghubungkan kendaraan pada aspal supaya bisa berjalan dengan nyaman. Apabila terjadi kerusakan pada ban, maka bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan. Akan tetapi masih banyak orang yang tidak peduli akan kondisi ban kendaraan mereka. Seperti misalnya masih juga menggunakan ban vulkanisir atau siletan karena harganya yang relative murah.

Ban vulkanisir sebenarnya sudah tidak layak pakai dan beresiko menyebabkan kecelakaan. Apabila menggunakan ban tersebut maka bisa saja pada saa kena benda tajam sedikit langsung ban akan meletus, hal ini sangat berbahaya. Oleh sebab itulah jangan menggunakan ban tersebut, belilah yang baru demi keamanan dan kenyamanan diri kita sendiri.

Masalah yang terjadi saat menggunakan ban adalah cepat habisnya masa pakai ban. Akan tetapai hal tersebut bukan menjadi alasan untuk membeli ban siletan. Oke baiklah daripada bingung mendingan admin memberikan tips supaya ban pada kendaraan Anda tetap awet dan tahan lama, mari kita simak.

BACA JUGA :  TIPS CERDAS MERAWAT SEPEDA MOTOR

Cara Merawat Ban Motor Agar Awet

Perawatan ban sebenarnya sangat mudah, lakukan perawatan di bawah ini secara berkala terutama pada saat melakukan perjalanan jauh. Berikut caranya:

Periksa tekanan ban

Periksa selalu tekanan ban pada kendaraan anda. Pastikan tekanan ban tidak kurang dari 30 psi. Kondisi ban yang kempes bisa menyebabkan keausan ban yang tidak merata.

Jangan melebehi beban maksimum

Nah ini mungkin sering terjadi diantara pengguna kendaraan. Hindarilah penggunaan kendaraan dengan beban yang terlalu berat.

Periksa kondisi Bearing Roda / Laker

Periksalah kondisi bearing atau laher roda dari kekocakan. Kondisi bearing yang kocak juga bisa menyebabkan keausan pada ban yang tidak rata.

Bersihkan selalu ban dari kerikil yang menempel pada bunga ban

Hindari Pengereman Yang Mendadak

Pengereman yang mendadak, biasanya ban akan terkunci (tidak berputar) sehingga ban akan terseret. Nah jika hal tersebut terjadi maka akan mempercepat keausan ban.

Itulah tips tentang merawat ban supaya awet, dengan melakukan perawatatan tersebut maka akan memperpanjang usia dan juga mengurangi terjadinya kecelakaan.

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Mengkilap
Penyebab dan Cara Mengatasi RPM Mobil Injeksi Tiba-tiba Naik Sendiri
Tips Membuat Kunci Pengaman Tambahan Pada Sepeda Motor