Honda Supra X 125 tidak kuat nanjak, Begini solusinya

Supra X 125 merupakan sepeda Motor besutan Honda yang sangat laku di pasaran. Hal tersebut memang tidak lepas dari nama Honda yang telah melekat di hati masyarakat Indonesia terkenal tangguh dan lincah. Pihaknya memang mengedepankan kata IRIT yang menjadikannya pilihan untuk konsuman di Tanah air. Motor Honda supra x 125 memang unggul dari ha penjualannya disbanding merek lain. Akan tetapi dibalik itu semua, ada banyak kalangan yang mengeluh aka n supra x yang tidak kuat nanjak. Oleh sebab itu autogaya akan memberikan solusi serta alasannya.

Honda Supra X 125 tidak kuat nanjak, Begini solusinya

Sebelumnya ketahui sekilas spesifikasi dari Honda supra x 125, yang dimana Motor besutan Honda tersebut mempunyai kapasitas 125 cc dengan daya maksimal sebesar 9,8 ps/ 7500 rpm. Pada desain tampilannya terlihat elegan yang menjadikannya disukai banyak kalangan. Apabila dikendarai di perkotaan memang tanpa masalah lancar jaya, akan tetapi apabila digunakan pada daerah pedesaan atau pegunungan mungkin akan merasakan masalah yang dirasakan oleh pengguna Motor supra x seperti kurang bertenaga atau tidak kuat nanjak.

BACA JUGA :  TIPS MENGHIDARI RANJAU PAKU DI JALANAN

Masalah yang terjadi da atas disebabkan oleh gear ratio dari Supra x 125. Pada gigi pertama memiliki perbandingan 35/14, gigi ke-2 : 31/20, gigi ke-3: 23/20 dan di gigi ke-4 26/24. Pada gigi keempat honda supra x 125 ini memakai gigi over drive artinya jumlah gigi yang digerakan lebih kecil dengan gigi yang menggerakan.

 tips untuk mengatasi Honda supra x 125 tidak kuat menanjak

Jika melihat perbandingan gigi transmisi pada supra x tersebut, pastinya bisa diketahui bahwa sepeda Motor tersebut memang didesain untuk bejalan di wilayah perkotaan. Nah untuk solusinya supaya Honda supra x mampu atau kuat menanjak adalah dengan melakukan pergantian gigi transmisi. Untuk menggantinya bisa dengan yang lebih ringan, akan tetapi bila tidak mau repot Anda cukup menggantinya pada final gearnya saja. Ukuran gear standar supra x 125 adalah 15 untuk gear depan dan 35 untuk gear belakang. Nah Anda cukup ganti gear belakang dengan yang lebih besar yakni 38.

Simak juga:

Itulah tips untuk mengatasi Honda supra x 125 tidak kuat menanjak, dengan melakukan pergantian gigi ratio maka Honda supra x 125 tidak kalah dengan Motor lainnya saat menanjak. Akan tetapi tentunya ada efek dari pergantian gigi ratio belakang, yakni top speed akan berkurang.

BACA JUGA :  Mantab, Honda Tiger Warna Baru.!