Jagoan Baru Yamaha New Jupiter Z1


Sepeda baru Yamaha New Jupiter Z1, kemungkinan kehadirannya akan menggeser Jupiter Z. “Memang ini otomatis menghentikan penjualan New Jupiter Z. Tidak ada lagi Jupiter Z karburator,” buka Dyonisius Beti Vice President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Yamaha yang mendukung peralihan teknologi yang ramah lingkungan. Seperti yang dilakukan ketika meluncurkan Mio J sekaligus menutup produksi Mio Sporty.

Desain, All New Jupiter Z1 hadir dengan desain yang baru. Meski masih mewarisi garis bodi New Jupiter Z, tapi hampir semua bagian kena sentuh. Seperti bentuk bodi dan lampu-lampu yang lebih meruncing. Sayapnya pun kini dibuat 3D dengan dua layer.

Perubahan paling drastis ada pada mesinnya. Mesin baru All New Jupiter Z1 ini mengusung banyak perubahan di kepala silindernya. Klep dengan ukuran lebih besar dan memiliki rocker arm ber-roller.

Teknologi motor balap YZ Crankshaft Technology, Low Friction Technology dan Forged Piston juga ikut disematkan. YZ Crankshaft Technology meningkatkan akselerasi dan torsi, sudah digunakan di motor trail Yamaha YZ450F. 

All New Jupiter Z1 yang diluncurkan Yamaha kian sempurna dengan Low Friction Technology yang memperkecil hambatan tenaga akibat gesekan sehingga tenaga mesin menjadi lebih optimal.

Forged Piston yang memiliki daya tahan tinggi dan ringan sehingga mampu menyalurkan tenaga mesin yang besar serta menjadikan motor lebih mudah berakselerasi.

New Jupiter Z1 Sekilas  mirip generasi terbaru Jupiter MX khususnya di bagian depan yang lebih menonjolkan lekukan dan sudut tajam, sehingga kesan sangar dan sporty kian tercuat dari motor bebek yang sudah 11 tahun wara-wiri di jalan raya Indonesia ini.

Aksen lampu utama sedikit berbeda dari generasi sebelumnya. Begitu juga dengan lampu senja yang menyatu dengan lampu sein pun dibuat lebih sipit dan menyudut ke atas sehingga terkesan sedang menatap tajam. Tapi perubahan lebih terlihat pada sayap dua lapis dengan warna berbeda yang membentuk celah untuk membantu aliran angin untuk pendinginan mesin.

Kombinasi meternya, cukup simple dan mudah dibaca. Penunjuk posisi gir diposisikan secara horizontal di atas jarum penunjuk kecepatan. Sementara di sisi kanan ditempatkan jarum penunjuk isi bensin.

Di sektor pewarnaan bodi, Yamaha megadopsi desain striping yang elegan dan sporti. Yamaha menyebutnya  grafis ini sebagai desain dinamis dan simple modern untuk merefleksikan kecepatan Jupiter Z1.

Beralih ke buntutnya, tampilan lampu sedikit ada perubahan dari generasi Jupiter Z terdahulu. Meski bentuknya hampir sama, namun lampu belakang all new Jupiter Z1 kini tak lagi terdapat bulatan di tengah yang memisahkan tiga arah sudut lampu.

Nah, abis sedikit ngupas masalah desain sekarang saatnya cerita gimana rasanya ngegeber motor yang pernah dijuliki sebagai bebek paling bandel di kelasnya.