KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PUNYA MOTOR MATIC

Salah satu model motor matic
Siapa yang tidak kenal motor matic? Kalau kita jalan mungkin akan nampak lebih banyak motor matic daripada yang manual. Bahkan menurut data pihak ATPM atau pabrikan, setiap harinya permintaan motor matic semakin meningkat secara signifikan, tak pelak populasi motor ini sangat terlihat sekali. Hal ini juga berhubungan motor matic yang lincah, irit, cepat, gesit, kencang, serta mungil bahkan modelnya juga tidak kalah cantiknya dengan motor biasa.

Secara kegunaan motor matic ini mudah sekali untuk dikendarai, hanya tinggal memuntir gas dan memainkan rem. Kubikasi mesin (cc) nya pun nggak kalah dengan motor bebek lainnya. Saya sendiri lebih sering menggunakan motor matic dibandingkan dengan motor manual. 

Secara umum, tiap benda atau kenderaan pastinya ada kelebihan dan kekurangannya. Nah, buat pengemar motor matic yang aktivitasnya selalu ditemani oleh motor matic, ada baiknya mengetahui lebih jauh tentang untung ruginya menggunakan motor matic, sehingga bisa meminimalisir resiko yang mungkin saja terjadi pada mengendarai motor ini.

Berikut beberapa kelebihan motor matic yang saya kutip dari postingan salah satu member kaskus, silahkan simak :

  • Soal kenyamanan, jangan tanya lagi deh matickers, yang pasti motor ini unggul dari sisi ini. Matickers nggak perlu memainkan kopling atau mengoper persneling (gigi) secara manual, tinggal nyalakan, gas, lalu bisa menyusuri jalan.
  • Motor matic juga cukup lincah dan gesit diajak bermanuver dalam kondisi macet, makanya tak heran untuk kebutuhan aktivitas keseharian motor matic cukup direkomendasi, terlebih yang membawa tas/bawaan berlebih.
  • Bagasi motor matic juga terlihat lebih luas dari motor bebek lain, untuk sekedar menaruh helm, jas hujan, sendal, bahkan sepatu, nampaknya menjadi solusi yang tepat. Saat menerjang genangan air pun kaki tetap nyaman dan tidak terkena dampak cipratan.
  • Motor matic juga cocok menjadi salah satu motor keluarga untuk sekedar jalan-jalan keliling kota atau sekedar orang tua antar jemput sekolah anak. Selain praktis, motor matik juga mantab untuk bermanuver dalam kondisi bobot yang berat.
  • Motor matic juga gampang untuk dilakukan modifikasi. Aksesorisnya juga nggak susah kok didapat. Selain harganya terjangkau, motor matic bisa terlihat lebih keren dan gaul.

Berikut ini beberapa kelemahan motor matic yang wajib kita ketahui, sebagai berikut :

  • Secara volume tangki bahan bakar, motor matic boleh dibilang memiliki kapasitas yang sama dengan motor bebek lainnya, hanya saja, motor matic boleh dikatakan cukup boros dalam mengkonsumsi bahan bakar, terlebih bagi pengguna yang suka menggeber/membetot gas secara spontan, atau yang kerap membawa beban berlebih.
  • Karena diameter rodanya kecil, motor matic cukup sensitif dengan permukaan jalanan. Apabila matickers melalui lubang atau jalan yang bergelombang, maka motor jenis ini akan lebih terasa goyang.
  • Karena digerakkan dengan CVT (continuously variable transmission) maka matickers wajib rajin-rajin melakukan pengecekan di bengkel, karena sekali saja lengah, maka CVT akan lebih mudah terasa berat, dan kalau sudah begitu, untuk penggantian set saper part/suku cadang CVT cukup mahal.

Sekian postingan tentang kelebihan dan kekurangan dari motor matic, jangan lupa  perawatan yang berkala serta menjaga kebersihan motor, akan membuat motor matic lebih tahan lama. Soal performa, jangan tanya deh, matic sekarang kencang dan cepat.

Sumber Artikel : kaskus.co.id