MENGENAL CIRI-CIRI COMPRESSOR AC MOBIL YANG BERMASALAH

Penampakan Compressor Mobil

Bagi pemiliki mobil apalagi mobil yang telah berumur (bukan baru), kondisi ini mungkin sudah pernah anda alami dimana mobil Anda mengalami kerusakan jebol pada compressor, kondisi ini terjadi mungkin karena tidak sadar dan tidak ditangani secara dini sehingga telat dan akhirnya jebol. 

Karenanya pada postingan kali ini Bale Moto ingin berbagi Tips Mengenali Compresor Mobil yang bermasalah seperti yang saya kutip dari blog salah satu pusat servis AC mobil. Pada umumnya compressor AC mobil bermasalah sering diakibatkan oleh empat sebab : 

1. Compressor AC mengeluarkan Bunyi 

Ciri-ciri nya : 

pada saat AC ON akan terdengar suara ngorok / kasar, begitu ac kita off kan suara normal.pada saat compressor mengalami bunyi, sebaiknya segera di check ke bengkel AC mobil, sebab jika diabaikan akan menyebabkan komponen didalam kompresor akan tergerus lalu mengalami baretan pada piston dan akhirnya jebol

2. Kompresi berkurang  

Ciri-ciri nya : 

Untuk tahap awal ac akan merasa kurang dingin apabila di RPM rendah, jika kita gas / jalan di kecepatan tertentu ac akan berubah lebih dingin. 

3. Compressor AC Bocor 

Ciri-ciri nya : 

Perlahan-lahan AC akan mengalami penurunan dingin secara bertahap, tergantung dari seberapa besar kebocoran itu, semakin besar kebocorannya akan semain cepat habis freonnya dan semakin cepat terasa tidak dinginnya ac. Tapi rata-rata kebocoran pada compressor itu biasanya memerlukan waktu 1 minggu – 6 minggu hingga menghabiskan freon yg ada disistem.

4. Magnetic Clutch Mati

Ciri-ciri nya : 

Kebanyakan untuk kasus ini banyak terjadi apabila mobil sedang kena macet / jalan merayap ac bisa2 tiba-tiba tidak dingin sama sekali, setelah kita matikan beberapa saat ac bisa kembali normal, dan biasanya diiringin RPM mesin yg agak naik biasanya diatas angka 1 (1200RPM)

Sekian postingan singkat Mengenal Ciri-Ciri Compressor AC Mobil yang Bermasalah, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Sumber Artikel : rotarybintaro.com