MENGENAL PERBEDAAN BAN TUBELESS DAN BAN BIASA

Ban Tubeless dan Non Tubeless

Tidak semua kita paham akan perbedaan jenis ban. Setelah sebelumnya saya sudah pernah memposting jenis-jenis ban yang biasa digunakan pada mobil, maka kali ini dengan tema yang sama yaitu tentang ban, saya ingin berbagi info tentang ban sepeda motor dalam hal ini ban tubeless dan non tubeless.

Terdapat 2 jenis kategori ban utama dari pabrikan ban yang seringkali membuat pemilik motor jadi bingung, pilih ban dengan ban dalam (with tube) atau ban tanpa ban dalam (tubeless)? Nah apa saja perbedaan kedua ban tersebut? Seperti yang saya kutip dari postingan salah satu member sebuah forum online, berikut beberapa perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa (Tubetype) :

Beda Ban Tubeless dengan Ban Biasa

Profil ban (fisik) dan akibatnya

Umumnya ban dengan with tube memiliki profil yang lebih kotak, sehingga menyulitkan manuver di kecepatan tinggi, intinya lebih sulit dan berbahaya kalau kita mau ajak rebah di tikungan. Pada kecepatan yang rendah ban ini lebih ideal untuk diajak nyelip-nyelip diantara mobil-mobil. Sedangkan ban tubeless dengan bentuk ban yang umumnya lebih bulat, efeknya jelas, pada kecepatan tinggi motor dengan ban jenis ini enak dan gampang untuk diajak manuver sana sini, lebih stabil, membuat pengendaranya lebih percaya diri.

Ketahanan (durasi)

Ban non tubeless biasanya mampu bertahan hingga 2 tahun lebih, sedangkan ban tubeless karena umumnya dibuat dengan kompon lebih lunak, maka waktu pemakaian lebih pendek, untuk pemakaian sehari-hari bisa berkisar 1.5 tahun lebih.

Waktu hujan

Saat permukaan jalan basah, ban ditugaskan untuk mengalirkan alir secepatnya, karena itu ban basah mempunyai groove/kembang yang di design khusus dan groovenya lebih dalam. Saat hujan daya cengkram baik ban with tube atau tubeless bergantung pada tipe kembang ban itu sendiri. Enaknya seperti motoGP, waktu hujan, kita tinggal masuk pit, semotor-motor nya ganti!

Anti Bocor?

Apa betul ban tubeless anti bocor? Jawaban pendeknya betul! tapi bukan anti bocor, cuman lebih tahan bocor. Ban tubelss pun sebaiknya begitu terkena paku di jalan, secepatnya dibawa ke tukang tambal ban tubeless, walaupun ban tipe tubeless tidak langsung kempes, tapi jika dibiarkan, ini bisa merusak steel belt ban tersebut. Jadi pemilik ban tubeless sebaiknya melakukan pemeriksaan berkala pada ban, tahu-tahu bentuk bannya sudah tidak bulat lagi.

Sekian postingan tentang Mengenal Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa semoga memberikan pemahaman bagi Anda pengguna motor sebelum memutuskan menggunakan ban jenis apa untuk motor kesayangan Anda.