Menghadapi Suara Mesin Megapro yang Berisik

Masih membahas suara mesin motor jadi berisik (bersuara trik-trik / tek-tek-tek) yang jelas bikin risih. Di bahasan sebelumnya sudah panjang cerita, tentang solusi mengatasi mesin motor berisik akibat rantai kamprat kendor. Tapi meskipun sudah di ganti baru ternyata setelah 3 bulanan kumat kembali suara trik-trik-trik muncul kembali. 

Secara logika ga mungkin kamprat baru 3 bulan sudah kendor, normalnya kamprat mesin berumur 3-5 tahun. Jika kemungkinannya suara klep juga bisa jadi. Kabarnya sih setelan motor yang tarikannya ringan  alias gampang di geber langsung ngacir, ada kemungkinan  suara klep agak keras. Tapi kali ini Aku masih ngira di bagian rantai keteng yang bikin berisik. Nah.., aku dapat cara dari bengkel  untuk  mengecek jika kamprat bermasalah.

Caranya: gigi 0 motor dalam keaadan berhenti, tarik gas kencang kamudian langsung lepas gas. Dengarkan suara bagian dok kamprat, jika saat tarikan  gas di lepas suara (triiiikkkkkkk-tek-tek-tek) semakin jelas tanpa jeda, sangat kemungkinan masalahnya adalah bagian kamprat, tapi jika malah ga ada suaranya berarti bukan bagian kamprat.

BACA JUGA :  Waktu Terbaik untuk Servis Motor

Setelah aku praktekin sendiri, suaranya sepertiitu muncul tetapi tidak sekeras seperti ketika ngegas motor dalam keadaan berjalan.

Karena  ga yakin aku biarkan saja, nah anehnya tiba-tiba mesin  bisa jadi halus tanpa  ada suara berisik, sedikit lega rasanya. Di suatu ketika motor ane dipinjam temen, setelah dikembalikan suara berisik muncul kemabali, fuck.! pikirku.

Dari situ ada kemungkinan disebabkan  cara membawa yang tidak benar: sering tidak tepat memainkan gigi presneleng. 

Kita pasti udah tahu motor kopling sangat sensitif masalah memainkan gigi tidak pas. Seperti di saat pelan tapi masih di posisi gigi besar, jika permainan kopling tidak pas tentu akan bersuara ( glek-glek-glek)  begitu juga saat harus ditambah gigi tetapi belum ditambah suaranya ngerek kasar.

Setelah tahu masalahnya, aku semakin cerdik memainkan gigi presneleng dan kopling tanpa ada suara eror dari mesin.  Dan saya rutin mengganti oli mesin.

Setelah itu suara berisik mesin jarang aku dengar lagi…. brem-brem, greng-greng begitu saura yang halus..:-D

BACA JUGA :  Solusi Mesin Panas Blade di Arena Balap

 Writer: Al Doflamingo