Merawat Mesin Motor yang Baik


Hal yang paling sederhana merawat motor adalah rajin mencuci. Mencuci sendiri lebih baik karena bisa sekaligus mengamati bagian-bagian sepeda motor. Mungkin ada komponen luar yang rusak, hilang atau cacat.

Tidak  mungkin kita bisa merawat mesin motor secara otomatis, karena perlu keahlian bengkel. Karena itu, jika kita memang tidak tahu masalah permesianan , minimal kita punya jadwal untuk ke bengkel untguk servis dan ganti oli.

Yang perlu diperhatikan dalam perawatan terhadap mesin motor anda ada 3 hal:

1. Bensin/ bahan bakar. Saran saya JANGAN PERNAH BELI BENSIN OPLOSAN. Bensin Oplosan biasanya sudah turun nilai oktannya karena telah dicampur dengan unsur lain (biasanya minyak tanah). Kalau nilai oktan sudah turun mengakibatkan pembakaran jadi tidak sempurna dan meninggalkan kerak di kepala silinder dari mesin motor/ mobil anda. Apabila telah terbentuk kerak maka akan menyebabkan mesin anda menurun performanya. Kalau dipakai terus menerus biasanya mesin akan menggelitik dan bergetar. Ada baiknya anda membaca manual yang menyertai motor anda.

Lebih baik beli bensin di SPBU resmi.

2. Oli mesin. Ini merupakan komponen terpenting ke-dua yang mesti diperhatikan. Fungsi oli itu kurang lebih adalah sebagai cleaning, cooling, cushioning, and lubrication. Disini saya tidak akan membahas fungsi2 itu secara detail. Rekomendasi dari pabrik untuk penggantian oli mesin adalah sekitar 2000 sampai dengan 2500 km (besaran bervariasi tergantung merk motor).

3. Pelumas Rantai. Janganlupakan pelumas rantai, rantai motor yang  kering menyebabkan tarikan sepeda jadi lebih berat, artinya mesin juga bekerja sedikit lebih berat. Bahkan rantai yang kering bisa menyebabkan suara yang berisik dan nantinya rantaimudah  kendor