Penyebab Air Radiator Kecoklatan dan Cara Mengatasinya

Solusi Air radiator berwarna kecoklatan dan penyebabnya – Radiator merupakan salah satu komponen sistem pendinginan pada kendaraan yang mempunyai fungsi untuk mendinginkan mesin kendaraan. Salah satu masalah yang sering terjadi pada radiator adalah berubahnya warna air di dalam reservoir tank menjadi kecoklatan.

Reservoir tank merupakan tempat atau wadah untuk air pendingin di dalam radiator. Air pendingin yang berwarna kecoklatan seperti tercampur dengan karat dari besi yang merupakan material dari komponen tersebut.

Penyebab Air Radiator Kecoklatan dan Cara Mengatasinya

Adapun penyebab air radiator berwarna kecoklatan adalah telah berkaratnya beberapa komponen sistem pendingin yang berada di dalam radiator. Air di dalamnya bersirkulasi di dalam engine/ mesin melalui mantel air. Apabila komponen lain seperti blok mesin atau yang lainnya telah berkarat, maka dapat menjadikan air radiator berubah warna menjadi kecoklatan. Lantas bagaimana mengatasi air radiator berubah warna menjadi coklat?

Untuk solusi dari masalah tersebut yakni air radiator menjadi coklat, maka hal yang harus dilakukan atau cara mengatasinya adalah dengan menguras air radiator secara teratur. Bersihkan komponen sistem pendingin dengan menggunakan radiator flush yang banyak beredar dipasaran.

BACA JUGA :  TIPS CARA MUDAH MENGANTI BATERAI "REMOTE" MOBIL

NB. Pada saat melakukan pergantian pada air radiator, disarankan untuk menggantinya dengan menggunakan water coolant yang dapat dibeli di toko-toko spare part terdekat. Jangan sampai menggantinya dengan menggunakan air mineral, karena apabila diganti dengan menggunakan air biasa/ mineral bisa menjadikan timbulnya karat pada komponen sistem pendingin. Baca juga Penyebab dan Cara mengatasi Suara Ngorok Pada Vario 125 dan Cara Mudah Mengganti Wiper Mobil