Penyebab dan Cara Mengatasi RPM Mobil Injeksi Tiba-tiba Naik Sendiri

Di jaman sekarang kebanyakan Mobil telah menggunakan sestem injeksi dengan menggunakan sensor yang terintegrasi dengan perangkat computer. Mobil injeksi memang terkenal akan keiritannya dalam urusan bahan bakar, akan tetapi masih sering dijumpai Mobil dengan sistem injeksi yang RPM nya tiba-tiba naik sendiri, padahal saat itu pedal tidak digas. Tentunya kejadian tersebut sangat membahayakan terutama Mobil dengan sistem matic. Lalu apa penyebab dan bagaimana mengatasinya?

Penyebab dan Cara Mengatasi RPM Mobil Injeksi Tiba-tiba Naik Sendiri

Cara Mengatasi RPM Mobil Yang Naik Sendiri

Terjadinya RPM pada Mobil injeksi yang maik sendiri biasanya terjadi pada kendaraan yang jarang di service. Hal tersebut akibat dari kotornya beberapa komponen yang mengganggu kinerja speedometer. Dikarenakan Mobil dengan sistem injeksi kinerjanya dengan menggunakan sensor, maka apabila salah satu sensor mengalami kerusakan maka bisa berpengaruh pada kinerja engine. Baiklah, berikut ini beberapa penyebab RPM atau putaran mesin tina-tiba naik sendiri:

BACA JUGA :  Daftar Harga Lampu Mobil HID XENON Terbaru November 2019 | HARGA LAMPU HID MOBIL

Idle Speed Control (ISC) Bermasalah

Pada saat terjadi kebocora udara pada katup servo yang disebabkan terdapatnya kotoran maka bisa menimbulkan putaran mesin meningkat. Hal tersebut terjadi karena tekanan udara yang masuk ke bagian silinder diukur menggunakan MAP sensor dan setelah itu dikalkulasi oleh ECU. Jadi pada saat terjadi penambahan udara maka otomatis putaran mesin juga akan mengalami kenaikan.

Untuk cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan melepas ISC kemudian dibersihkan dengan cairan pembersih kemudian disemprot dengan compressor.


Air Flow Sensor Unit Kotor

Salah satu hal yang menjadikan penyebab terjadinya RPM tinggi atau tiba-tiba naik adalah air flow sensor unit dan filter udara yang kurang dijaga kebersihannya. Kedua komponen tersebut memang harus dilakukan pembersihan secara rutin. Sedangkan khusus untuk filter udara sebaiknya dilakukan pergantian secara berkala.


Selang vakum bermasalah

Untuk selang vakum khusus yang menuju MAP sensor, apabila tersumbat ataupun bocor dapat menjadikan putaran mesin naik sendir padahal tidak menekan gas. Apabila hal tersebut kurang bisa dipercaya maka lakukan praktek dengan mencoba melepas selang MAP sensor dari intake manifold, maka otomatis RPM akan naik dengan sendirinya. Oleh sebab itu selalu mengecek selang tersebut untuk memastikan tidak ada masalah yang terjadi.

BACA JUGA :  TIPS MENGETAHUI PENYEBAB KNALPOT BOCOR

Baca juga: