Penyebab dan Cara mengatasi Suara Ngorok Pada Vario 125

Cara mengatasi Honda vario 125 ngorok – Honda vario mempunyai banyak tipe, akan tetapi bagi Anda yang mempunyai Honda vario 125 generasi awal yang bukan versi ISS atau kepanjangannya Idling Stop System, bisa saja mengalami adanya suara yang timbur seperti ngorok pada saat mesin dihidupkan.

Memang banyak yang mengeluhkan vario mereka ngorok ketika mesin hidup padahan keadaan dari Motor matic mereka terbilang baru dan belum lama di beli. Lantas dari manakah suara ngorok tersebut yang timbul pada Honda vario 125?

Setelah dilakukan penyelidikan dan diusut dengan pembongkaran, ternyata suara ngorok pada vario tersebut timbul berasal dari sebelah kanan yang tepatnya pada komponen radiator. Setelah di selidiki lebih teliti dan mendalam, akhirnya ditemukan penyebab adanya suara ngorok pada vario 125 yakni kipas pendingin pada radiator.

Penyebab dan Cara mengatasi Suara Ngorok Pada Vario 125

Penyebab Suara Ngorok Pada Honda Vario 125

Pertanyaan kenapa pada Honda Vario 125 yang versi ISS tidak timbul suara ngorok tersebut. Jika dibandingkan panjang bilah baling-baling kipas radiator pada vario yang generasi awal ternyata lebih panjang dari vario 125 versi ISS. Secara logika bilah kipas yang lebih panjang akan menghasilkan hisapan angin yang besar juga. Inilah yang menyebabkan suara ngorok pada honda vario 125 generasi awal.

BACA JUGA :  Arti dari Kode Angka yang tertera pada Ban Mobil dan Motor

Adapun ukuran dan bentuk kipas radiator untuk vario ISS ternyata sama dengan yang digunakan pada Honda PCX 125. Yang artinya kipas yang digunakan pada PCX 125 bisa di plug and play pada Honda vario 125. Dan ternyata setelah dilakukan pergantian kipas pendingin dengan milik Honda PCX, suara ngorok yang sebelumnya timbul akhirnya hilang.

Penyebab Suara Ngorok Pada Honda Vario 125

Jadi untuk solusi Honda vario 125 ngorok adalah dengan melakukan pergantian pada kipas radiator dengan yang digunakan Honda PCX. Baca juga: Cara Membuat Ban Anti Bocor dengan Mudah

Itulah solusi dan penyebab suara ngorok pada Honda Vario 125. Sangat mudah bukan cara mengatasinya bila mengetahui penyebabnya. Terima kasih telah berkunjung di Motortipsharga.