Penyebab Motor Mati & Susah Nyala Ketika Mesin Panas

Mengapa motor sering mati saat panas? mungkin anda pernah atau sedang mengalami hal ini. Seringnya mati tiba-tiba, apalagi di saat berhenti lampu merah, parahnya ketika mau distarter tak mau nyala. Pengalaman ini pernah menimpa saya, dan saya gak tahu  penyebabnya. Ada beberapa hal yang mungkin perlu diketahui. Dengan mengetahui apa penyebab sering matinya mesin sepeda motor, semoga dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi. Nah.. berikut inilah penyebab motor mati dan susah nyala ketika mesin panas, berikut juga solusinya.

Mesin mati saat panas, tanda pulser koil bermasalah

Jika anda beranggapan susah nyalanya mesin motor, sering mati di saat mesin panas penyebabnya adalah busi, ini juga benar, tetapi busi baru dan normal kok masih saja bermasalah? Ya itu dia masalahnya ada di pulser dan koilnya.

Hal ini sangat jelas tandanya jika  tiba-tiba mati di saat mesin panas, tidak bisa langsung dihidupkan, setelah di tunggu beberapa saat mesin baru bisa di hidupkan kembali tapi alangkah keselnya motor tidak bisa hidup lama,alias setelah jalan beberapa saat akan mati lagi. Ini jelas merepotkan sekaligus menyebalkan.

Ini benar-benar pengalaman pribadi, dan ketika anda ke bengkel tidak menjelaskan dengan detail masalahnya, si bengkel belum tentu bisa tahu tepat penyebabnya. Otomatis itu teknisi akan membuka karbu, karena dikira bensin ga turun, menganti busi, atau mengecek CDI. Itu wajar kerena banyak penyebabnya jika masalahnya ‘mesin susah dinyalakan‘ karena hal ini yang sering di keluhkan ke teknisi bengkel.

Kerena itu jelaskan lah pada bengkel masalah yang terjadi dengan detail, maka teknisi dapat lebih paham masalahnya apa.

Masalah matinya mesin seperti ini sangat besar hubungnya dengan pulser atau sepul di bagian dok mesin, tetapi belum tentu alat itu rusak. Jarang sekali sepul atau pulser mengalami kerusakan, biasanya cukup dibersihkan dan di stel ulang, jangan gegabah menggantinya karena biaya lumayan mahal.

Nah yang paling tepat masalahnya ada di coil, cek saja percikan listrinya pasti sangat kecil bahkan tidak ada. Kalau belum tahu tentang koil mintalah tolong pada si teknisi bengkel untuk mengecek koilnya. Posisi koil motor itu disalurkan ke cop busi sebagai penghantar listrik dari stater ke busi, itu gambaran mudahnya jika belum tahu.

Minta gantilah yang bagus, harga coil yang bagus dan berkulitas dan orisinil. Jadi itu solusinya jika mesin motor mati di saat panas dan sulit dinyalakan.

peduli masalah motor