Penyebab Motor Matic tiba-tiba Mati

Sepeda Motor matic lagi trend di jaman sekarang, semakin hari semakin banyak pengguna Motor jenis matik. Alasannya sih karena sangat mudah dalam pengoprasiannya yakni hanya menggunakan tangan saja dalm hal mengatur gas dan mengerem. Akan tetapi bagi pengguna Motor matic, mengkin pernah mengalami gejala Motor macet atau gak bisa jalan. Pada saat distarterpun mesin tidak mau bergeming atau seperti tidak kuat untuk memutar mesin. Lantas apakah penyebab Motor matic tiba-tiba mati?

Untuk kondisi Motor matic tiba-tiba mati, bisa dianalisa akan gejala dari kondisi tersebut, biasanya masalah terjdi pada V-belt. Apabila pada saat Motor mati tiba-tiba terdengar suara “tak” maka bisa saja V-belt putus atau rompal. Nah apabila terjadi hal tersebut pastinya Motor tidak akan bisa jalan, karena komponen ini merupakan penghubung antara mesin dengan roda belakang.

Penyebab Motor Matic tiba-tiba Mati

Penyebab Motor Matic tiba-tiba Mati di jalan

V-belt pada Motor matic putus bukan berarti bahwa mempunyai kualitas jelek, akan tetapi dipengaruhi faktor komponen lain seperti pulley. Pulley yang tidak standar bisa mengakibatkan kerusakan pada V-belt itu sendiri.

BACA JUGA :  Tips Memilih Busi Yang Benar, Jangan Ikut Kata Toko

Oleh sebab itu perhatikanlah kondisi pulley, apakah masih bawaan pabrik ataukah telah diganti dengan produk aftermarket. Sudut pulley yang diubah dari standar bisa menyebabkan V belt tidak menempel secara sempurna. Imbasnya V belt dipaksa untuk mengikuti sudut pulley yang tidak sesuai standar sehingga lapisan V belt terdorong keluar, akibatnya rompalah si V belt tadi. Perlu diketahui V belt terdiri dari beberapa lapisan, itulah alasanya lapisan V belt bisa terlepas. Baca juga: Penyebab Honda Vario Bergetar saat Dihidupkan

Penyebab Motor Matic tiba-tiba Mati di jalan

Apabila Motor matic menggunakan produk aftermarket, maka harus diimbangi dengan penggunaan V-belt yang mempunyai kualitas tinggi. Atau bisa memilih alternatif lain, yakni dengan menggunakan pulley yang tidak diubah kemiringannya. Pilihlah pulley yang hanya mengubah jalur rollernya saja, akan tetapi hal tersebut juga mempunyai kelemahan yaitu rollernya yang akan kalah. Untuk hasil yang aman dan nyaman tentunya menggunakan yang standar.

Itulah info tentang penyebab Motor matic tiba-tiba mati, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.