Penyebab Sepeda Motor Susah Dihidupkan

Sepeda motor susah dihidupkan memang hal yang tidak menyenangkan, apalagi dalam keadaan sedang terburu buru, pasti emosi akan melanda anda. Namun rata-rata motor susah hidup rata-rata akibat dari si pengguna yang kurang merawat kendaraannya. Pemilik seharusnya menyadari atas perawatan kendaraannya karena memang sebagai kebutuhan dari motor dan juga pemiliknya.

Pada umumnya kendaraan sepeda motor susah untuk dihidupkan dikarenakan bahan bakar di dalam silinder tidak terbakar. Motor memiliki 3faktor pembakaran yakni bahan bakar, udara dan pengapian. Apabila ketiganya bertemu dengan waktu yang tepat maka terjadilah pembakaran dan itu membuat motor anda menyala. Namun masalahnya meskipun ketiga komponen tersebut sudah ada, tidak berada pada timing dan komposisi yang pas. Misalnya campuran antara bahan bakar dan udara yang masuk ke silinder tidak sesuai (14,7:1) maka campuran bahan bakar tersebut sulit untuk terbakar.

penyebab sepeda motor susah dihidupkan

Penyebab Sepeda Motor Susah Hidup

Campuran bahan bakar tidak pas

Pada sistem karburator campuran ini dapat distel melalui sebuah baut. Jika campuran bahan bakar dan udara tidak pas (terlalu gemuk / kurus) maka tentunya motor jadi susah hidup.

Pengapian

Timing pengapian memang sangat berpengaruh dalam pembakaran didalam silinder. Namun pada umumnya timing pengapian ini tidak akan berubah karena sudah di set mati. Kemungkinan yang menyebabkan motor susah dihidupkan adala api busi kecil . Hal ini bisa disebabkan busi kotor, atau memang sudah mau mati. Selain itu bisa juga disebabkan oleh komponen pengapian lainya seperi CDI atau koil pengapian yang sudah uzur.

Vakum Bensin Rusak

Jika vakum bensin ini rusak maka akibatnya aliran bahan bakar dari tangki ke karburator tersendat.

Celah katup tidak tepat

Apabila  jika setelan katup tidak pas maka proses pemasukan bahan bakar tidak tepat sehingga motor sulit hidup bahkan tidak bisa dihidupkan.

Bahan Bakar tercampur dengan air

Sering melepas filter udara juga bisa membuat air masuk dan bercampur dengan bensin, akibatnya motor susah hidup.

Itulah beberapa penyebab yang menjadikan kendaraan bermotor susah dihidupkan, semoga bermanfaat dan terima kasih.