Performa Lebih Baik Pada Motor Dengan Merubah Karburator Vakum Menjadi Skep

Merubah karburator model vakum menjadi Skep. Sudah diketahui banyak orang bahwasanya pada motor sport atau skutik yang belum menggunakan system injeksi mengaplikasikan constan velocity atau disebut juga karburator vacuum. Beberapa contoh motor yang menggunakan system vakum yakni Suzuki Satria F150, Yamaha Byson, Suzuki Thunder, Honda Beat dan lain-lain.

Performa Lebih Baik Pada Motor Dengan Merubah Karburator Vakum Menjadi Skep

Pada saat peluncuran perdananya, model tersebut sangat laris dipasaran. alasannya karena Karburator model vakum dapat mengkonsumsi bahan bakar lebih irit dibandingkan dengan skep, karena gerakan skep yang tidak mengikuti putaran pada grip gas, tetapi berdasarkan kevakuman yang terjadi pada infake manifold. Lalu apakah sepeda motor menggunakan vakum bisa bertahan lama?

Walaupun banyak yang tidak menyangkal tentang konsumsi bahan bakar yang irit, akan tetapi karburator jenis vakum sering ngadat apabila termakan usia dan tidak jarang yang masuk bengkel karena vakumnya tidak bekerja dengan normal. Selain itu apabila karet vakum sobek, harus mengeluarkan banyak uang untuk mengganti dengan yang baru. JIka tidak diganti ya tentu efeknya pada performa motor, karena gerak naik turun skep tidak sesuai.

Merubah Karburator Vakum Menjadi Skep

Apabila membeli karburator baru tentunya mahal, oleh karena itu solusi alternatif adalah merubah karburator model vakum menjadi skep atau kembali konvensional. Dengan mengubahnya maka gerakan akan mengikuti grip gas tidak menggunakan kevakuman. Efeknya pun sangat mengejutkan dan responsive.Kendati demikian memang diperlukan dana setidaknya Rp 300 ribu karena tidak bisa di custom sendiri harus dibawa ke tukang bubut. Prosesnya dengan melepas bilah kupu-kupu dan karet vakum kemudian diubah layaknya karburator konvensional dengan skep dan per / pegas. Pekerjaan ini bisa diserahkan ke tukang bubut. Nah berikut ini adalah tampilan gambar karburator vakum yang telah di custom menjadi skep.

Performa Lebih Baik Pada Motor Dengan Merubah Karburator Vakum Menjadi Skep

Performa Lebih Baik Pada Motor Dengan Merubah Karburator Vakum Menjadi Skep

Selain itu tidak cukup dengan itu saja, untuk merubah Vakum menjadi skep dan mendapatkan performa yang lebih baik, bisa dengan melakukan pembesaran terhadap diameter venture. Pada umumnya motor skutik memiliki diameter 26 mm, dan cukup ditambah 2 mm menjadi 28mm.

 Baca juga:

Waspada, Nekat Balap Liar Bisa Masuk Bui
Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Oli Mesin Pada Motor

Itulah informasi cara merubah karburator vakum menjadi skep, semoga bermanfaat dan terima kasih.