Tanda-Tanda Aki Motor Mulai Habis

Sebagai pemilik sepedmotor harus respect dengan keadaan motor, salah satunya adalah mengenali atau mengetahui ciri aki/accu motor yang mulai habis. Terlebih pada motor teknologi injeksi FI yang hampir semua sistem menggunkan listrik. Jangan sampai aki soak atau tekor karena jenis motor injeksi tersebut bisa rawan menyebabkan kerusakan sistem mesin. Berikut ini tanda-tanda aki motor mulai habis. ciri fisiknya cukup mudah diketahui.

Lampu mulai redup
Sepeda motor menggunakan listrik dari accu untuk menyalakan lampu. Ditandai nyala lampu sein/reting yang kurang terang, dan sangat jelas saat headlamp mulai redup menjadi terang jika motor ditarik gas lebih kencang. Ini adalah tanda paling awal, yang kemudian disusul

Klakson tidak nyala
Klakson membutuhkan energi listrik yang cukup besar dari accu, biasanya perlahan-lahan suara klakson mulai melemah dan hilang.

Starter kadang nyala kadang tidak
Jika sampai starter tidak nyala, ini sudah dibilang kondisi accu parah jika memang tidak ada kerusakan pada sistem starter dan dinamo. Lebih baik segera ganti, tapi untuk jenis aki basah biasanya masih bisa normal kembali jika diisi dengan air accu, tapi tetap tidak tahan lama.

Pada dasarnya aki mempunyai batasan waktu tertentu dan harus ganti, namun semakin baik si pengendara menggunakan motor, accu akan semakin awet juga. Contohnya biasakan memakai kick starter pada saat menyalakan pagi hari, pastikan satu kali pencet tombol starter langsung hidup, jangan suka main klakson. Nah dengan begitu aki motor akan bisa semakin awet.