TIPS BERKENDERAAN DI SAMPING BUS/TRUK BAGI PENGENDARA MOTOR

Tips Berkendara di Samping Bus / Truk Besar
Pada postingan sebelumnya Tips Otomotif sudah memposting Tips Aman Berkendera Sepeda Motor, maka kali ini saya akan berbagi Tips Berkenderaan sepeda motor di samping bus atau truk.

Kecelakaan yang paling banyak terjadi dijalan menimpa pengendera sepeda motor baik akibat kesalahan pengendara sendiri maupun hal lain. Belakangan ini banyak sekali pengendara motor yang terlibat kecelakaan dengan kendaraan besar seperti Bus dan Truk. Dan tak jarang para pengendara motor tersebut luka-luka atau bahkan kehilangan nyawa.

Nah berikut beberapa langkah untuk mencegah terjadinya kecelakaan dengan Truk dan Bus bagi pengendaraa sepeda motor seperti saya kutip dari postingan salah satu Forum Online silahkan disimak :

1. Sabar Saat Berkendara

Ini salah satu kunci utama keselamatan di jalan. Jadi usahakan emosi Anda terkendali dan tetap sabar meski kadang kala suara bising bus atau truk memicu keinginan untuk ngebut cepat.

2. Jaga jarak dengan Kenderaan di Depan atau Samping

Jaga jarak ini di perlukan jika truk/bus melibas jalan rusak. Nah kalau Anda jaga jarak Anda bisa menghindar. Selain itu, ketika Anda menyalip bus/truk sebaiknya Anda jaga jarak kiri atau kanan. Jaga-jaga kalau truk/bus ke kiri atau kanan tiba-tiba.

3. Menyalip di saat yang tepat

Jangan mentang- mentang Anda pikir motor itu kecil jadi bisa nyalip seenak jidatnya  Kalau keadaan tidak memungkinkan buat nyalip, mending tidak usah dipaksa. Mending Anda menunggu di belakang truk/bus sampai keadaan aman buat nyalip. Keadaan yang tidak memungkinkan disini misalnya ketika tikungan, jalan ramai, celah terlalu sempit, dll.

4. Beri klakson ketika menyalip

Ini penting biar supir bis/truk tau kalau Anda lagi nyalip. Kalau supirnya baik bisa aja dikasih jalan.

5. Mengalah ketika truk/bus menyalip

Ingat bus sama truk itu gede, kalau nabrak Anda yang bisa modar  Jadi kalau ada bis/truk yang lagi nyalip atau minta jalan buat nyalip mending Anda kasih jalan daripada nyawa Anda melayang disruduk bus/truk

6. Perhatikan lampu sen truk/bus

Di Indonesia lampu sen ngga hanya berfungsi untuk isyarat belok kanan- belok kiri-darurat aja gan, ada isyarat-isyarat lainnnya. Misal supir menyalakan sen kiri, artinya bisa “hati-hati ada halangan di sebelah kanan”, “silahkan mendahului”, dll. Kalau supir menyalakan sen kanan bisa saja artinya “hati-hati ada halangan di sebelah kiri”, “saya ingin/sedang mendahului”, dll. Kalau supir menyalakan lampu hazard, artinya bisa “ada halangan di depan (macet/antrian)”

7. Usahakan jangan nyempil diantara bus/truk

Ini biar jaga-jaga seandainya supir bus/truk tidak ngeliat kalau Anda lagi depan atau lagi ngantuk gitu. Saran ane kalau mau nyalip 2 truk/bus atau lebih, lebih baik menyalip semuanya sekaligus.

8. Membuntut di belakang jika bus/truk sedang kencang

Buntutin bus/truk yang lagi kenceng itu enak lho gan serasa jalan Anda dikawal. Asal Anda jaga jarak, Insya Allah aman.

Sekian postingan singkat Tips Berkenderaan Di Samping Bus/Truk Bagi Pengendara Motor, semoga bermanfaat

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id/thread/5489b8ec1a9975c13b8b4573/tips-menghadapi-bus-truk-bagi-pengendara-motor-menurut-versi-ane/