TIPS CARA AMAN MENGENDARAI SEPEDA MOTOR

Tips Cara Aman Mengenderai Sepeda Motor

Tidak dapat dipungkiri, seiring dengan membludaknya pemilik motor oleh masyarakat kadang kala tidak diimbangi dengan kemampuan mengenderainya dengan baik. Banyak diantara kita yang sebenarnya belum layak mengenderai sepeda motor baik karena umurnya belum cukup atau bahkan pengetahuan kita akan ketentuan berlalu lintas juga tidak dikuasai. Tidak jarang terjadi kecelakaan lalu lintas dan yang lebih mengherankan lagi biasanya itu terjadi karena pengendara yang tidak tahu prinsip dan aturan berkendera dengan baik.

Agar perjalanan mengenderai motor kesayangan Anda dapat lebih nyaman dan aman selama dijalan raya, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Tips Cara Aman Mengendarai Sepeda Motor ini saya kutip dari salah satu forum online, berikut tips-tipsnya :

Lakukan Pemanasan Tubuh

Menjaga keseimbangan badan Anda pada saat mengendarai sepeda motor merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, pastikan tubuh dan mental Anda semua dalam kondisi yang sehat dan siap untuk berkendara.

Pergunakan Perlengkapan Berkendara

Dalam berkendara Anda harus menggunakan beberapa item demi keselamatan dan kenyaman Anda dalam berkendara, ini demi mengurangi luka fisik yang akan Anda terima jika Anda kecelakaan terutama helm dan jaket.

Lakukan pengecekan rutin sebelum Anda memulai berkendera, misalnya mengecek bensin cukup atau tidak, kondisi ban, kondisi rem, kondisi lampu dan lain-lain.

Postur Berkendara

Postur berkenderaan cukup mempengaruhi, usaha kondisi tubuh dalam keadaan santai dan rileks, jangan terlalu kaku dan tegang. Mata fokus kedepan dan posisi duduk harus memberikan akses mudah dalam mengoperasikan stang kemudi dan rem.

Teknik Pengereman

Dalam Berkendara tentu Anda semua butuh yang namanya rem. Dan cara Pengereman yang efektif adalah dengan cara mengerem : tekan-lepas-tekan-lepas, teknik ini mirip dengan teknik ABS (Air Break System), dan jarak berhenti akan lebih pendek dan motor tetap dalam kendali.

Cara Melewati Persimpangan

Saat Anda akan belok ke kiri atau ke kanan di persimpangan, sangat penting untuk menyalakan lampu sein 30 meter sebelum mendekati persimpangan untuk memberikan tanda arah yang hendak Anda tuju kepada pengguna jalan yang lain. Sebelum berpindah jalur, pastikan keamanan dan keadaan lalu lintas di sekitar Anda. Jangan hanya melihat kaca spion karena kaca spion mempunyai keterbatasan pandangan.