TIPS CARA EFEKTIF MEMBELI MOBIL BEKAS

Mobil yang Mau dijual di suatu tempat

Saat ini beragam model jenis mobil tersedia dengan beragam pula harganya. Bagi yang memiliki kekayaan yang pastastis tentunya yang dikejar atau dibeli adalah mobil keluaran terbarau kalau perlu yang limited edition agar beda dengan orang agar prestisenya naik. Namun bagi kita golongan menengah tentunya tujuan membeli mobil tidak demikian adanya. Bahkan dengan pertimbangan harga dan daya beli kita biasanya mencari mobil bekas.

Perlu pembaca blog Tips Otomotif  perhatikan dalam membeli mobil bekas setidaknya tentukan jenis kendaraan sesuai kebutuhan hidup dan keluarga sehari-hari. Contohnya jangan beli mobil pickup bila tidak butuh angkut-angkut setiap hari. Karena justru tidak bermanfaat dan akan mubazir. Saat ini peminat mobil bekas cukup banyak, hal ini tidak lain karena harga yang ditawarkan mobil bekas jauh lebih murah dan sang pembeli menyukai model dari mobil bekas tersebut.

Bagi Anda yang dana untuk membeli mobil baru yang berkualitas bagus dan memenuhi impian tidak cukup, membeli mobil bekas (used cars) bisa menjadi alternatif. Untuk keamanan dan kenyamanan, pembeli mobil bekas harus teliti. Jika tidak teliti bukannya untung didapat tetapi justru buntung yang didapat. 

Berikut beberapa tips cara efektif membeli dalam membeli mobil bekas yang dapat saudara terapkan seperti saya kutip dari salah satu blog, silahkan disimak :

1.Survey Pasar

Sebelum memutuskan membeli sebuah mobil bekas alangkah baiknya melakukan survey pasar terlebih dahulu untuk melihat perbandingan harga dan merek-merek lain dengan harga yang relatif sama. Bisa juga dengan bertanya-tanya pada teman, tetangga atau keluarga yang pernah memiliki mobil seperti yang akan dibeli. Jika memiliki kenalan bengkel, bisa konsultasi dengan bengkel terlebih dahulu untuk menanyakan beberapa hal penting berhubungan dengan mobil tersebut seperti biaya maintenance dan ketersediaan spare parts.

2. Jangan mudah tergoda dengan penampilan mobil

Jangan mudah tergoda dengan tampilan mobil. Jika tidak paham mobil lebih baik mengajak kenalan yang memahami mobil. Lakukan pengecekan lebih teliti pada mesin, body, dan surat-surat (dokumen) mobil. Jika memungkinkan lakukan pengecekan dengan membuka kap mobil, meneliti bagian-bagian yang mudah keropos, meneliti bagian mesin, dll.

3. Lakukan test drive

Lakukan test drive untuk memastikan mobil dalam keadaan baik. Dengarkan baik-baik saat test drive seperti suara mesin dan suara-suara aneh yang timbul selama test drive. Jika kurang yakin, ulangi tes drive untuk mencari tahu sumber suara tersebut.

4. Catat semua hal yang aneh pada mobil

Beberapa mobil yang cukup berumur biasanya memiliki beberapa hal yang aneh alias tidak wajar. Contohnya adalah adanya bau seperti oli terbakar atau karet terbakar. Jika sempat mencium bau-bau tersebut periksa lebih teliti seperti dengan melihat knalpot kendaraan dan mesin kendaraan.

5. Aspek legalitas

Perikasa dengan teliti surat-surat kendaraan dari STNK dan BPKB. Cek lebih jauh kepemilikan kendaraan dan asal kendaraan. Ada banyak keuntungan jika kita mengetahui sejarah awal pengguna kendaraan tersebut.

6. Cek nomor rangka dan body

Cek nomor rangka dan body. Nomor rangka dan body harus akur antara dokumen dan bukti fisik.

7. Lakukan cek fisik di SAMSAT terdekat atau tujuan mutasi

Lakukan cek fisik sebelum melakukan jual beli. Melalui cek fisik akan diketahui apakah ada modifikasi tidak dengan nomor rangka dan body. S

8. Lakukan akad jual beli (sebaiknya tertulis)

Sebelum memutuskan pembelian kendaraan lakukan akad jual beli. Penjual harus memiliki identitas yang jelas sehingga jika terjadi permasalahan dengan kendaraan bisa segera teratasi. Selain masalah nomor mesin di atas, saya juga pernah membeli sebuah mobil bekas di sebuah dealer besar di Jogja. Sehari setelah saya beli kendaraan, mobil mogok dan terdapat suara aneh. Suara tersebut tidak muncul saat test drive. Akhirnya mobil harus turun mesin. Sebagai pembeli saya sangat tidak puas dan semua biaya perbaikan saya bebankan ke dealer tersebut.

Seorang penjual kendaraan sebaiknya memiliki identitas jelas dan memiliki kesepakan yang mudah. Jika penjual terlalu berbelit sebaiknya dihindari dan cari yang lain. Jangan terbuai dengan bujuk rayu penjual. Pedagang yang berpengalaman biasanya mengeluarkan ucapan-ucapan yang bisa membuat calon pembeli terhipnotis. Hal ini akan semakin buruk jika penjual mengetahui calon pembelinya tidak paham mobil.

Sekian postingan mobil Tips cara efektif membeli bekas, semoga menambah pengetahuan Anda. Jangan lupa simak Tips Mobil lainnya di blog ini.

Sumber Artikel : deltalube-sorong.com