TIPS CERDAS MERAWAT SEPEDA MOTOR

Sepeda Motor merupakan kenderaan yang menjadi sahabat sebahagian besar kita sehari-hari. Karenanya perawatan Sepeda Motor haruslah menjadi perhatian agar Sepeda Motor kesayangan kita tidak rusak saat dipakai. Pada postingan sebelumnya BaleMoto sudah pernah memposting tips merawat sepeda motor saat musim hujan, maka kali ini saya akan berbagi Tips Sepeda Motor yang lain. 

Sebagai pengguna sepeda motor yang saban hari bersama kenderaan, Anda harus tahu bagaimana caranya merawat sepeda motor. Nah berikut ini adalah cara-caranya merawat sepeda motor dikutip dari laman fanspage facebook NGS Batteries yang baca dari postingan Tribunnews, silahkan disimak :

Motor dalam keadaan masih baru atau gres tidak boleh untuk membawa beban yang terlalu berat, juga tidak boleh dibawa dengan kecepatan tinggi. Harus selalu stabil biarkan mesin terbiasa terlebih dahulu karena mesin masih dalam keadaan dingin dan tidak pernah digunakan sama sekali. Ini dianjurkan agar mesin berjalan dengan baik dalam jangka waktu yang lama.

Jangan cuma memakai motor saja servis lah kendaraan Anda secara berkala sesuai yang ada dibuku petunjuk, agar tahu bila ada masalah dalam mesin atau yang lainnya bisa segera ditangani.

Pemanasan motor

Lakukanlah pemanasan motor Anda sebelum digunakan, jangan terlalu lama cukup 3 – 5 menit saja.

Kebersihan Sepeda Motor

Kebersihan Sepeda Motor juga sangat penting bukan hanya di body saja agar terlihat kinclong, namun di mesinpun harus sering dibersihkan.

Bahan bakar

Gunakan bahan bakar jenis premium yang murni tanpa oplosan, karena jaman sekarang banyak sekali premium yang dijual eceran itu ada campuran lain. Bila kami sarankan lebih baik pakai pertamax saja untuk menjaga kondisi mesin agar tetap prima.

Perawatan Body

Untuk menjaga keutuhan Sepeda Motor motor agar warna tidak cepat memudar usahakan bila Anda memarkir sepeda motor tidak terkena teriknya sinar matahari, dan jangan terlalu sering terkena air hujan. Bila terkena air hujan segeralah cuci motor Anda dengan air biasa yang ada dirumah Anda.