TIPS MEMBEDAKAN OLI ASLI DAN PALSU

Perbedaan Oli Asli dan Oli Palsu

Oli adalah bagian yang sangat penting keberadaannya dalam sebuah kenderaan. Semakin baik oli yang dipakai tentang akan sangat membantu kenderaan tersebut lebih awet, begitu juga bila menggunakan oli asal-asalan akan membuat kenderaan Anda akan cepat rusak bahkan tidak jarang membuat Anda mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk menggantikan bagian mesin yang rusak/aus akibat oli jelek tersebut.

Nah berikut beberapa Tips Membedakan antara oli asli dan oli palsu seperti yang saya kutip dari Otomotifnet silahkan disimak :

Perhatikan Kemasannya

Pabrikan oli sudah berusaha sedemikian rupa untuk memerangi pemalsuan oli. Tapi di pasaran oli palsu masih saja beredar. Pada prinsipnya mengenali produk Federal Oil yang asli dan palsu bisa dilakukan dengan dua metode yaitu secara visual dan laboratorium. Salah satu cara yang paling mudah dan paling mungkin dilakukan adalah dari kemasannya. Pastikan bentuk kemasan oli yang Anda beli sesuai dengan bentuk resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan. 

Kenali Dari Bau dan Warna

BACA JUGA :  TIPS CARA AMAN PENGEREMAN SEPEDA MOTOR MATIK

Dari bau biasanya pelumas yang palsu (daur ulang) baunya sangit atau gosong.  Sementara oli yang baru dan asli, jelas tidak akan begitu karena diproduksi dengan timing yang tepat. Selain itu warna juga bisa dijadikan indicator, melihatnya bisa dilakukan dengan cara meneteskan sedikit oli di atas tissue. Warna pelumas Federal Oil yang asli lebih bening dan cerah.  Serta tidak meninggalkan semacam gumpalan oli di permukaan tissue,.

Jangan Tergiur dengan Harga

Cara yang satu ini memang gampang-gampang susah untuk menentukan apakah oli yang ditemui di pasar asli atau tidak, karena tidak semua bengkel atau penjual oli mau jujur soal harga. Tapi bukan tidak mungkin, siapa tahu secara tidak sengaja bisa menemukan penjual oli yang menjual dengan harga lebih murah. Misalnya membanderol oli dengan brand sama dengan harga yang lebih miring.  

Sekian postingan singkat tentang Tips Membedakan Oli Asli dan Palsu, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

Sumber Artikel : motor.otomotifnet.com