TIPS MEMBELI SEPEDA MOTOR BARU

Sepeda Motor Baru (yang saya miliki saat ini)

Tidak dapat dipungkiri sepeda motor adalah alat transportasi yang banyak dan menjamur di negara kita. Kemudahan proses pembelian dan pembiayaan yang beragam modelnya membuat masyarakat berlomba membeli moda transportasi yang satu ini. Banyaknya Pihak Dealer Sepeda motor, dan ditambahnya pihak Leasing yang memudahkan pembelian sepeda motor dengan kredit memicu meningkatnya populasi jumlah sepeda motor.

Bagi Anda yang sudah pernah membeli motor sebelumnya tentunya sudah sedikit mengerti bagaimana motor yang baik dan nyaman saat dipakai, namun bagi yang baru membeli atau selama ini belum punya motor namun berencana membeli baik dengan mengangsur (Kredit) ataupun Tunai (cash) ada baiknya Anda bertanya kepada teman yang lebih mengerti agar tidak tertipu.

Saya pribadi saat membeli motor mengajak kawan yang mengerti tentang motor tersebut (temen bengkel), mengingat meski motor baru di dealer namun kadang kala mungkin karena efek pengangkutan yang jauh dari pabrik motor tersebut mengalami kerusakan.

Nah bagi Anda yang ingin membeli motor baru, berikut ini ada beberapa tips untuk memberikan pencerahan dan menghilangkan kegalauan anda yang saya kutip dari postingan salah satu member forum online, silahkan disimak :

Kenali Tipe Motor Yang Cocok Untuk Anda

Meski memilih Sepeda Motor tidak serumit memilih pasangan hidup, namun Anda perlu mengenal terlebih dahulu karakter Anda sendiri dan kebutuhan akan motor untuk Apa? 

  • Anda sering berpergian jauh dan ingin motor yang tangguh. Jawaban : Motor Sport Touring = Tiger, Pulsar series, Byson,dll
  • Anda hanya memakai harian dan sering di taruh muatan seperti dokumen atau sekedar menemani ibu ke pasar. Jawaban : Motor Matic = Vario Helm in, Mio series, dll
  • Anda memakai harian namun tetap ingin terlihat keren. Jawaban : Motor Sport Tulen / Bebek Super = Jupi MX, Cs1, Vixion, Apache dll
  • Anda memakai harian dan jalur sering macet sehingga ingin santai tidak ribet tekan kopling. Jawaban : Motor Bebek Tulen = Supra x 125, New H Blade, Jupi Zi

Rencanakan Budget Anda

Setelah kita sudah mengenali tipe motor apakah yang akan dipilih, sekarang aturlah keuangan anda, mau pilih pembayaran tunai jika uang anda memang ada, dan kredit jika anda memang tak mampu langsung. Jika Cash carilah Dealer yang sedang ada promo diskon besar-besaran jangan sungkan untuk menego masalah diskon.

Dan jika kredit, pilihlah pihak leasing yang sudah terpercaya dan mudah lalu jangan lupa carilah promo dan angsuran dan DP yang paling ringan dengan survey ke beberapa dealer.

Lihat Review Motor Tersebut atau Test Ride Langsung

Ini yang paling penting, tentu anda tidak mau kan “membeli kucing dalam karung”. Rajinlah melihat review pengguna langsung motor tersebut, bisa dari internet atau tanya langsung. Dan agar lebih mantap lagi, Test ride saja langsung ke dealer atau jika anda punya teman yang memakai motor tersebut, cobalah minta pinjam untuk dapat Anda coba rasakan mengenderai motor tersebut.

Ikuti Kata Hati Anda

Anda yang membeli motor, anda yang memakai, anda yang merawat, Jadi tentukanlah pilihan motor anda sesuai kata hati anda. Jangan dengarkan apa kata orang, tak ada manusia yang sempurna begitupun dengan motor. Motor yang sesuai di hati akan membuat anda lebih semangat dan senang dalam merawatnya 

Semakin Besar Kekuatan Semakin Besar Tanggung Jawabnya

Semakin bagus dan canggih sepeda motor anda maka anda harus memberikan “Lebih” kepada sepeda motor anda. Maksudnya disini adalah dalam konsumsi bensin, Beberapa sepeda motor masih aman untuk menengguk bensin bersubsidi (Premium)  namun banyak yang tidak untuk motor jaman sekarang ini. Untuk lebih jelasnya perhatikan Kompresi motor pilihan anda jika masih dibawah 9.0 : 1 maka masih aman menengguk premium namun jika di atasnya sudah di wajibkan Pertamax. Selain untuk menekan subsidi pemerintah karena premium untuk golongan tidak mampu (maaf) hal yang lebih penting adalah untuk keawetan mesin sepeda motor kesayangan anda. Tak ada ruginya memberi yang terbaik untuk sepeda motor yang setia menemani anda sehari-hari. 

Cek Kelengkapan Motor Baru Anda

Jika transaksi Motor Idaman sudah berhasil, jangan lupa untuk langsung di cek bagian bagian penting seperti body, cat, sasis (jangan sampai rangka miring) kelistrikan, dll sebelum tanda tangan serah terima. Dan Jika sudah diantar di teras rumah anda, Langsung bawa jalan motor baru tersebut, jika terdapat kendala yang tidak biasa, jangan sungkan untuk meng-klaim masalah ini ke dealer tempat anda membeli. Usahakan klaim masalah tersebut paling lambat 1 hari setelah motor tersebut dikirimkan, agar memudahkan proses jika harus tukar unit motor baru karena ada kecacatan dalam komponen tertentu. Hal itu karena biasanya saat itu proses pembuatan STNK motor anda belum berjalan.

SAFETY RIDING FIRST !!

Apapun Motor anda, Siapapun anda utamakan keamanan dan keselamatan. Gunakan Helm berstandar SNI dan jangan lupa “Klik” tali pengaman. Jika anda berniat turing / pergi jauh, Gunakan Jaket yang sudah berwindproof atau berprotector, Sarung tangan berprotector, Knee Pad, Sepatu Boots khusus Motor dan Back Protector (Pelindung Punggung). Jangan lupa berdoa sebelum berangkat dan hindari mengemudi jika mengantuk. 

Sekian postingan Tips Membeli Sepeda Motor Baru, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian