Tips membuat lampu speda motor Lebih terang

Membuat lampu sepeda Motor lebih terang – Lampu yang redup tentunya akan sangat mengganggu saat dalam perjalanan di malam hari. Oleh sebab itu banyak pengendara menginginkan lampu miliknya terang dan mampu menerangi jalan dengan jelas walaupun keadaan gelap sehingga mampu melewati jalanan dengan mulus dan lubang di jalan dapat terlihat jelas. Kali ini akan diberikan tips untuk menjadikan lampu sepeda Motor menjadi terang dengan menambah tegangannya yang menuju ke lampu dengan menggunakan bantuan kiprok.

Kiprok atau regulator rectifier mempunyai fungsi sebagai pengubah arus AC yang berasal dari generator menjadi arus DC dan juga sebagai pembatas tegangannya. Karena generator atau spull menghasilkan listrik berdasarkan putaran mesin, sehingga semakin dalam kecepatan tinggi maka putarannta semakin besar dan listrik yang dihasilkan generator otomatis besar juga. Oleh sebab itulah dipasangkan regulator untuk membatasi tegangannya agar tidak melebihi 13 Volt.

Tips membuat lampu speda motor Lebih terang

cara membuat lampu sepeda Motor supaya lebih terang

 
Trik ini dilakukan dengan memasang sebuah resistor 680 ohm/ 1 watt di kabel spull lampu (dari generator) yang menuju kiprok. Dengan demikian tegangan yang dihasilkan oleh generator dan tegangan yang masuk ke kiprok tidak sama. Karena tegangan yang masuk ke kiprok lebih rendah, maka regulasi tegangan oleh kiprok lebih besar dari seharusnya.

cara membuat lampu sepeda Motor supaya lebih terang

Cara tersebut dapat menghasilkan tegangan yang masuk ke lampu menjadi 15 volt. Karena tegangannya menjadi lebih besar maka nyala lampu akan menjadi lebih terang. apabila ingin menambah voltase anda bisa melakukan ekperimen dengan mengganti resistor yang lebih besar teganganya. Namun perlu diingat semakin besar tegangan maka lampu akan cepat mati. Cara yang paling enak adalah dengan menggunakan variable resistor jenis potensio, jadi anda tinggal memutar-mutar potensio tersebut untuk mendapatkan tegangan yang diinginkan.

BACA JUGA :  Penyebab Sepeda Motor Susah Dihidupkan

Baca juga:

Itulah tips tentang cara membuat lampu sepeda Motor supaya lebih terang hanya dengan menggunakan 1 buah resistor dengan harga murah yakni sekitar 500 rupiah saja. Terima kasih telah berkenan mengunjungi website Saya.