TIPS MENCUCI SEKALIGUS MERAWAT MOTOR

Mencuci Plus Merawat Motor

Salah satu resiko tinggal di negara tropis seperti Indonesia adalah sulitnya memprediksi cuaca, kadang kala cuaca di awal pagi adem namun tiba-tba menjadi panas menyengat di siang hari, begitu juga kadang kala turun hujan.

Kondisi cuaca yang tidak menentu terutama hujan membuat kita pengendara motor harus ekstra hati-hati dalam berkendera dengan mengkuti Tips Cara Aman Mengenderai Sepeda Motor yang sudah saya posting sebelumnya. Mengingat bila musim hujan biasanya motor akan kotor dan tentunya ini butuh perawatan berupa mencucinya dengan baik dan benar. Perlakuan yang salah saat mencuci akan berakibat motor kesayangan tidak sedap dipandang.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencuci sekaligus merawat motor kesayangan, silahkan disimak :

1. Bagian Bawah Motor

Pertama kita siram dulu bagian bawah mesin motor dan sikat dengan sabun colek seperti pada gambar di atas. Biasanya bagian bawah mesin tempat paling kotor dan terdapat percikan oli. Kalau tidak menggunakan sabun colek kotorannya susah hilang, setelah sikat langsung disiram dengan air supaya sabun colek tidak menempel. Bagian bawah mesin selesai.

2. Blok Mesin

Lanjut ke karena blok mesin terdapat sela-sela kecil biasanya kotoran suka berkumpul disana jadi cara membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi, kuas dan sabun colek. Setelah sesi sikat selesai ingat langsung disiram agar sabun colek tidak menempel. Bagian mesin selesai lanjut ke roda belakang velg belakang biasanya paling kotor dan terdapat cipratan oli rantai. Untuk menghilangkanya cukup menggunakan sabun colek, jangan lupa disiram setelah selesai.

3. Rantai roda

Rantai roda vital di motor, harus dijaga kebersihan dari pasir, debu dan air agar dapat berfungsi baik. Jika diabaikan cepat aus, kendur bahkan bisa putus di jalan. Untuk membersihkan rantai, baiknya pakai air sabun dibantu sikat. Cara ini terbilang lebih aman meskipun temponya cukup lama apalagi debunya campur oli. Jika kotoran sulit terangkat, atasi dengan bensin atau solar. Contohnya saat membersihkan rantai motor bebek. Seluruh bagian hingga ke celah rantai harus dibersihkan, sekaligus permukaan gir depan maupun belakang. Kalau sudah bersih, diuci air sabun dan dibilas air bersih. Tapi, jangan biarkan terlalu lama dan segera keringkan menggunakan lap kain untuk mencegah karat. Perhatikan juga jenis rantainya motor. Jika memiliki sistem pelumasan tertutup yang tiap mata rantai terdapat sil karet, tidak dianjurkan menggunakan bensin saat pembersihan. Karena merusak karet-karet sil.

4. Bagian Atas Motor 

Langkah berikutnya setelah selesai membersihkan kotoran yang bercampur oli, sekarang kita bersihkan bagian seluruh bagian dengan shampo motor. Langkah kali ini urutannya dari atas body baru bagian bawah. Usahakan busa / kain halus untuk body dipisahkan supaya tidak cepat lecet body motornya. Semprot dengan air ke seluruh bagian motor, sampai kalian yakin kalau kotoran dan debu sudah hilang, mulai dengan meratakan shampoo yang ada di ember berisi shampoo yang sudah tercampur air. Untuk bagian lain seperti shock, ban, blok mesin, dan bagian lain yang bukan merupakan bagian dari cat utama. Boleh saja menggunakan sabun detergent untuk membersihkannya., dimulai dari bagian atas dulu, dan ingat sebelum pindah ke bagian yang lain masukkan dulu applicator tersebut ke ember yang berisi air saja, usapkan ke body hingga sisa kotoran dan shampoo turun, baru ulangi lagi langkah awal hingga selesai ke bagian akhir dari motor. ulangi terus sampai yakin benar kalau motor sudah benar-benar bersih. Semprot kembali bagian yang sudah dibersihkan tersebut, hingga sisa sabun hilang dan benar-benar bersih.

5. Perawatan Jok

Mungkin sudah ada yang mengganti dengan bahan kulit, termasuk bodi diselimuti kulit, khawatir di soal perawatan. Takut rusak atau kusam. Untuk perawatan kulit sekaligus melindungi bisa pergunakan bahan seperti conditioner. Perawatan ini selain mengangkat kotoran dan jamur juga melindungi kulit dari panas matahari dan hujan. Sehingga bahan kulit kesayangan tidak mudah pecah. Kelembaban juga bisa terjaga.

6. Perawatan Boks

Kebetulan motor Anda sudah dilengkapi boks berbahan palstik dengan dasar kulit jeruk. Hindari membersihkan kotaran dengan menggunakan ampelas halus. Bakal merusak kulit jeruk dan memberi efek kusam. Bisa dicuci dengan menggunakan cairan pencuci piring trus dilap pakai kulit sintetis. Setelah bersih, biar tambah kinclong dan warna hitam ingin rata, oleskan semir sepatu cair di seluruh permukaan boks. Buat boks yang sudah dibungkus kulit, biar lebih kinclong bisa pakai pembersih khusus kulit. Atau boleh juga pakai semir, sesuai warna kulit pembungkus yang ada. Jangan biarkan ini terjadi. Membuka jok bebek atau motor matic anda untuk menyemprot area tangki dan bagasi. Sebenarnya baik, tapi area dibawah jok untuk semua jenis motor tidak didesain untuk menahan air. Apalagi sampai menahan air semprotan bertekanan. Yang faling bisa berakibat fatal adalah untuk matic, karena si AKI Listrik biasanya ditaruh dibawah jok langsung. Air juga semprotan juga bisa menjangkau ke ruang filter udara, yang biasanya didesain mangap ke atas.

7. Pengeringan

Langkah selanjutnya adalah pengeringan. Biasakan tahap pengeringan, keringkan dari atas ( body dulu) baru turun ke kaki – kaki, velg dan mesin. Kalau bisa saya sarankan punya 2 kanebo supaya body lebih terawat. Selesai lap – lap kalau ada semir ban, disemir dech bannya biar keliatan lebih kinclong seperti baru lagi motornya.

8. Bersihkan kerak dengan cairan pembersih.

Saat ini jenis dan merek cairan pembersih kerak di ruang bakar telah banyak dijual di toko peralatan dan aksesori motor. Bentuknya dalam kaleng dengan sistem semprot (spray). Cara penggunaannya juga cukup mudah. Namun, bila Anda ragu bisa membawa kendaraan kesayangan ke bengkel yang telah dikenal. Bila ingin melakukannya sendiri, berikut ini caranya:

  • Pertama, buka dahulu saluran dari filter udara ke karburator. Kemudian sempotkan cairan itu pada saluran intake.
  • Kedua, aktifkan mesin motor dengan starter elektrik atau engkol kemudian tarik tuas gas hingga angka putaran mesin (RPM) tinggi. Pada saat yang bersamaan, kembali semprotkan cairan pembersih ke mulut atau lubang karburator, tapi upayakan mesin motor tidak mati. Ulangi cara tersebut beberapa kali hingga mesin motor mati dan biarkan.
  • Ketiga, setelah mesin motor mati selama 10-20 menit, kembali aktifkan. Tarik tuas gas hingga kecepatan putaran mesin (RPM) sedang. Lihatlah apakah knalpot menyemburkan asap putih pekat? Bila iya, tarik terus tuas gas berkali-kali.

9. Perawatan Rantai

Lanjut semprotkan pelumas secukupnya secara merata. Pakainya oli baru yang punya kekentalan atau SAE 60W dan jangan gunakan gemuk. Karena sifat gemuk yang lengket membuat pasir dan debu mudah menempel hingga menyebabkan abrasif. Selain kebersihan rantai, periksa dan sesuaikan ketegangan rantai agar tidak memberikan efek entakan saat motor berakselerasi maupun deselerasi. 

10. Perawatan Helm

Membersihkan helm, sediakan tiga jenis cairan. Untuk mengusir kotoran di visor dan bagian luar helm, bisa pergunakan cairan pembersih kaca. Jika masih ada bercak bisa digosok dengan bahan khusus penghilang noda, tersedia dalam bentuk cairan atau krim. Untuk mengangkat kotoran pada busa atau kain di dalam helm juga ada cairan khusus. 

Sekian postingan tentang Tips Mencuci Sekaligus Merawat Motor, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian