Tips Mengatasi Honda Vario gampang mati Tidak Langsam

Honda Vario Mudah Mati tidak Mau Langsam – Bepergian menggunakan sepeda Motor memanglah sudah menjadi trend masa kini. Apalagi di jaman sekarang lagi banyak yang memilih untuk membeli sepeda Motor matic. Hal tersebut dengan alasan lebih mudah dikendarai tanpa ribet menekan koping atau memindah gigi perseneleng, salah satunya adalah Honda Vario 110.

Akan tetapi bagaimana jika Motor vario tersebut gampang saat berhenti di lampu top atau bang jo dan dalam kondisi macet. Tentunya akan memberikan efek jengkel bahkan bisa emosi sendiri bukan. Hal tersebut semakin sering terjadi apabila gas ditutup kelamaan. Pada saat starter telah normal perlu ditarik gasnya.

Tips Mengatasi Honda Vario gampang mati Tidak Langsam

Simak juga: Tips Menghidupkan Sepeda Motor Dipagi Hari

Masalah di atas sebenarnya sangat mudah untuk diatasi sendiri dan termasuk permasalahan yang tidak berat. Adapun penyebab Motor Honda vario 110 mudah mati adalah Idle Aair control valve (IACV). Terdengar dari namanya memang sudah ketahuan soal masalahpengatur udara sebagai pembantu langsam atau idle(Stasioner). Adapun fungsi dari IACV sendiri adalah sebagai penyetabil putaran mesin pada saat handle gas tidak aktif.

BACA JUGA :  TIPS CERDAS MERAWAT AKI MOTOR AGAR TETAP AWET

Nb. IAVCdapat ditemui pada semua Motor besutan Honda. Hanya saja lebih identik berada pada matic mulai dari karburator ataupun injeksi. Nah untuk mengatasi masalah vario yang gampang mati bisa dilakukan dengan mengatur penyetel idle kembali benar dan normal. Lebih jelasnya adalah mengatur katup udara supaya langsam.

Cara mengatasi Motor Honda Vario yang mudah mati

Cukup sediakan obeng plus (+)  dan obeng pelat (-). Obeng plus untuk sekrup penyetelnya (idle screw) dan min untuk penutup throttle body.Langsung buka cover throttle body. Setelah itu akan kelihatan  lokasi sekrup penyetelan diatas throttle body.

Baca juga: Tips Memilih Busi Yang Benar, Jangan Ikut Kata Toko

Apabila sekrup diputar kearah kanan searah jarum jam, maka posisi sekrup udara tersebut akan semakin masuk dan hasilnya rpm akan turun. Begitu juga sebaliknya, bila diputar kearah kiri berlawanan dengan arah jarum jam, maka rpm akan naik. Untuk pengaturan rpm minimal 850 rpm/1000, posisikan hingga langsam.

Demikianlah informasi ntang cara atai Honda vario gampang mati di jalan saat macet atau berhenti. Semoga bermanfaat !

BACA JUGA :  Cara mudah Mengganti Minyak Rem Mobil dan Motor