TIPS MENGENDARAI MOTOR MATIC UNTUK PEMULA (KHUSUS CEWEK)

Salah satu jenis Sepeda Motor yang penjualannya paling laris adalah motor matic. Motor jenis ini banyak diminati oleh masyarakat, terutama untuk kaum cewek. Kaum hawa biasanya memilih motor matic karena lebih simple hanya tinggal gas langsung jalan, tidak perlu repot untuk mengoper gigi.
Motor matic pun sangat berbeda dengan motor manual selain tidak repot untuk mengoper gigi, karaktristiknya juga sangat berbeda dari Sepeda Motor manual. Meskipun motor matic termasuk motor yang mudah untuk dikendarai, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat mengendarainya.
Nah Berikut beberapa tips untuk mengendarai Motor Matic agar aman dan nyaman pada saat di jalan seperti yang saya baca dalam salah satu forum, silahkan disimak :
  1. Pada saat menghidupkan mesin atau elektirk stater pada Motor Matic, jangan lupa terlebih dahulu menekan rem. Sebaiknya gunakan rem depan dan rem belakang. Hal ini dilakukan agar pada saat menarik tuas gas, motor matic tidak melompat. Usahakan jangan menarik tuas gas berlebihan kalau perlu tidak ditarik, karena sistem posisi belt langsung menghubungkan gerak yang dihasilkan oleh mesin ke roda belakang.
  2. Untuk motor matic biasanya agak berat pada tarikan tuas gas pertama, hal itu merupakan pengamanan pada saat matic distarter. Tarikan tuas gas pertama berat, karena putaran mesin masih belum mencapai pada putaran maksimal untuk menggerakkan sistem sentrifugal. Maka dari itu sesuaikan dengan wajar untuk menarik tuas gasnya dan jangan terlalu dipaksakan.
  3. Jika bagi yang terbiasa menggunakan motor dengan persenling , untuk pengaturan gasnya pun pasti masih belum stabil dan lancar. Hal itu dikarenakan pengaturan gas pada motor manual dengan motor matic memang berbeda. Sebagian motor matic memang sudah dilengkapi dengan kunci pengamanan rem belakang. Hal ini membuat motor bergerak ketika tarikan gas mencapai pada titik RPM (rotation per minute tertentu). Walaupun terkesan agak lambat, justru fungsinya sebagai keselamatan.
  4. Meskipun motor matic mampu dipakai pada kondisi jalan pegunungan, alangkah baiknya gunakan Motor Matic pada jalanan yang datar saja agar lebih aman dan motor matic pun lebih awet. Sebab desain motor matic yang rendah kurang mendukung pada jalanan yang tidak rata.
  5. Pengendalian terhadap rem pada motor matic pun harus diperhatikan..Rem belakang motor matic dioperasikan dengan tuas rem berbeda dengan motor manual yang rem belakangnya yang digerakkan oleh kaki. Pada motor matic disarankan untuk menggunakan 4 jari pada saat pengoperasian tuas rem, sehingga kekuatan pengoperasian tuas rem akan lebih baik. Alangkah baiknya gunakan rem depan dan rem belakang secara bersamaan, agar lebih stabil saat matic berhenti.
  6. Kontrolah kecepatan dengan menggunakan rem pada saat berjalan di jalanan menurun dan menikung, agara matic tidak keluar dari jalur, sehingga tidak membahayakan keselamatan kita.

Sekian postingan tips untuk mengendarai Motor Matic dengan baik. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa baca juga tips Sepeda Motor lainnya di blog ini.

Sumber artikel : kaskus