Tips Mengganti kampas Rem Cakram pada Motor

Cara Mudah mengganti kampas rem pada sepeda Motor – Dijaman modern seperti sekarang ini banyak kendaraan baik Mobil atau Motor yang menggunakan sistem pengereman berbasis cakram atau disk brake. Untuk cara kerja dari sistem pengereman tersebut memanfaatkan gaya hidrolis sebagai penggerak kampas rem atau brake pad.

Adapun salah satu indikasi ausnya brake pad adalah volume minyak ren pada master silinder telah berkurang. Apabila kampas rem telah mengalami tingkat keausan yang tinggi atau habis kampas rem maka akan terdengar bunyi gesekan yang terjadi antara dudukan logam kampas rem dan cakram.

Tips Mengganti kampas Rem Cakram pada Motor

Apabila keausan pada kampas rem telah terjadi, maka sebaiknya menggantinya dengan yang baru. Hal tersebut supaya cakram tidak terkikis dan menipis. Untuk pergantian kampas rem cakram sebenarnya sangat mudah, karena bisa juga dilakukan dirumah asal ada alat/kunci yang diperlukan. Pada tiap Motor mempunyai karakter yang berbeda, sehingga caranya juga agak sedikit berbeda walaupun metodenya sama. Nah sebagai contoh, kali ini akan diberikan tips mengganti kampas rem cakram pada Motor Vixion.

BACA JUGA :  Cara Mudah Belajar Mengendarai Motor Kopling

Cara mengganti kampas rem pada sepeda Motor dengan mudah

Cara mengganti kampas rem pada sepeda Motor dengan mudah

1. Lepaskan roda depan sepeda motor dengan menggunakan kunci ring.
2. Lepaskan pengunci pemegang kampas rem pada bagian atas dan bawah.
3. Lepaskan pemegang kampas rem dengan cara ditarik
4. Lepaskan kampas rem dan periksa keausannya
5. Lihatlah alur pada kampas rem, jika sudah tak terlihat berarti kampas rem sudah selayakanya untuk diganti.
6. Dalam pemasangan kampas rem yang baru biasanya akan kesulitan karena piston masih dalam posisi menekan.
7. Untuk itu tekanlah piston kedalam dengan cara memasang kampas rem yang lama kemudian ditekan dengan menggunakan obeng atau semacamnya. Apabila terlalu berat maka kendorkan baut nepel agar sebagian minyak rem keluar.
8. Jika posisi piston sudah masuk, kemudian pasanglah pemegang kampas, pengunci, serta kampas rem.
9. Apabila roda sudah terpasang, lakukanlah pengecekan volume minyak rem. Periksa apakah akibat pengeluaran minyak rem tadi berkurang banyak atau tidak. Kondisi minyak rem yang baik adalah berada pada posisi low dan upper pada master silinder.
10.Jika minyak rem berada pada garis low, maka isilah secukupnya.

BACA JUGA :  TIPS LANGKAH-LANGKAH PERAWATAN MOTOR MATIC

Itulah tips untuk mengganti kampas rem Motor Vixion dengan mudah model cakram yang bisa dilakukan di rumah. Sekali lagi disebutkan bahwa untuk merk Motor lainnya tidak jauh berbeda. Simak juga Cara Membuat Ban Anti Bocor dengan Mudah