TIPS MENGHIDARI RANJAU PAKU DI JALANAN

Kondisi Jalan yang Harus di waspadai
Ranjau paku adalah hasil kerjaan perilaku yang tidak berbudi dan beradab dari pihak-pihak yang ingin mengeruk keuntungan dari kesusahan orang lain. Tentu pembaca pernah mengalami kondisi Sepeda Motor tiba-tiba bocor padahal harus buru-buru sampai ke tempat tujuan. Bukan hanya waktu yang terbuang namun kadang kala peluang emas yang seharusnya dapat kita gapai hilang dengan percuma gara-gara ranjau paku.

Berikut ada beberapa cara agar terhindar dari ranjau paku yang secara ‘berkala’ acapkali disebar oleh tangan-tangan jahil untuk meraih keuntungan pribadi, seperti yang saya kutip dari postingan forum online, silahkan disimak :

1. Cari rute yang tak terlalu ramai

Menurut survei, ranjau paku biasanya disebar diarea yang banyak banget dilalui kendaraan, terlebih ketika pagi dan sore hari disaat kendaraan sedang padat merayap. Nah, cara yang satu ini bisa dengan memanfaatkan maps via smartphone agar terhindar dari kemacetan dan ranjau paku.

2. Hindari lubang dan genangan

Memang, kalo lagi apes ya apes aja, tapi minimal sebagai pengguna jalan, kita juga harus paham dilokasi-lokasi mana saja ranjau paku bersembunyi. Sebisa mungkin, hindari lubang, baik yang kering maupun yang terkena genangan, karena biasanya disanalah butir-butir paku bersembunyi.

3. Usahakan selalu mengambil lajur kanan

Menurut survey, beberapa pengendara motor atau mobil yang terkena ranjau paku paling sering saat mengambil lajur kiri, bahkan mengambil bahu jalan yang terdiri tanah dan kerikil. Namun begitu, tetap waspada.

4. Gunakan ban tubeless

Selain awet, ban tubeless memang boleh dikatakan aman dari ranjau paku. Ban jenis ini tak akan midah kempes apabila ada paku atau potongan besi/cutter yang menancap walau berhari-hari sekalipun. Walau mahal, ban ini cocok sekali digunakan untuk aktivitas keseharian.

5. Variasi rute

Langkah ini bisa diambil untuk menghindari kebosanan dalam melakukan aktivitas. Variasi rute memiliki kelebihan, diantaranya kita jadi tahu rute-rute mana yang banyak ranjau paku, dan bisa menjadi pembelajaran atau alternatif ketika kondisi jalan yang matickers lalui sangat padat atau banjir.

Sekian postingan Tips Menghidari Ranjau Paku Di Jalanan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

Sumber Artikel : kaskus.co.id