TIPS PRAKTIS MEMILIH GPS TRACKER

Tips Memilih GPS Tracker

Memilih GPS Tracker memang gampang-gampang susah, gampang bila Anda sudah mengetahui dengan tepat tempat pemasangan GPS Tracker yang sudah terpercaya, dan akan susah bila Anda awam sama sekali dengan dengan teknologi ini.

Mengingat teknologi GPS Tracker ini masih belum terlalu banyak diaplikasikan di masyarakat, berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih GPS Tracker seperti yang saya kutip dari Forum Otoneters, silahkan disimak :

Jenis Tracking System -nya

Pastikan GPS Tracker punya Tracking System yang lengkap, tidak hanya dapat memantau atau melacak kendaraan saja, Tetapi dapat memantau Rute perjalanan selama beberapa bulan terakhir, Kecepatan, Sadap Suara, Sensor Batas Kecepatan, Tombol Darurat (SOS), Fitur Matikan Mesin (Engine Cut Off) dari jarak jauh, Sensor Mesin kendaraan (Hidup atau Mati), dan lain sebagainya.

Real Time Pelacakan

Pastikan GPS Tracker mempunyai kemampuan pelacakan Real Time, dan keakuratan posisi MOBIL saat itu juga.

Sistem Monitoring & Aplikasi

Pilih GPS Tracker yang telah dilengkapi sistem monitoring user friendly atau mudah dipahami, dan Aplikasi dukungan yang bisa diakses di banyak perangkat yaitu PC, HP, BB, Android, dan gadget lainnya.

BACA JUGA :  TIPS CARA MENGENDARAI SEPEDA MOTOR UNTUK PEMULA

Data Pelaporan History

Pastikan web server GPS Tracker menyediakan History lengkap kendaraan, mudah dibaca, dipahami, di download dengan format yang mendukung, dapat di download hingga di print sehingga bisa dijadikan bukti valid atas aktifitas kendaraan.

Server Center

Pilih GPS Tracker yang mempunyai Server Center sendiri, dikelola oleh Perusahaan tersebut (Kepemilikan Perusahaan) lebih bagus lagi yang punya double server (back up server) jadi setiap kita ingin mengakses jadi lebih mudah kapan dan dimanapun, usahakan tidak memilih GPS Tracker yang servernya menyewa pada penyedia Hosting, bahkan ada juga yang numpang di Hosting Gratisan.

a.) Server Sendiri ( Kepemilikan Perusahaan ) :

Perawatan tentunya akan dirawat secara khusus karena mempunyai tim support.

Update atau Upgrade Fitur sepenuhnya dilakukan oleh Perusahaan

Kuota Penyimpanan lebih longgar karena dikhususkan oleh Perusahaan untuk menyimpan data konsumen.

Waktu akses akan lebih cepat karena server disediakan khusus mengolah data data GPS saja

Sewa Hosting Server Gratis dan ada yang bayar, tergantung kebijakan yang dibuat oleh perusahaan.

BACA JUGA :  Daftar Harga Lampu Mobil HID XENON Terbaru November 2019 | HARGA LAMPU HID MOBIL

b.) Server Sewa / Menumpang

Tidak ada Perawatan Khusus, karena sistem perawatannya Global dan apa adanya

Update/Upgrade Fitur cenderung statis dan dibiarkan apa adanya

Kuota Penyimpanan sangat terbatas / minim

Waktu akses akan lebih lambat, karena server menangani segala macam data dan traffic yang tinggi bersamaan pengguna lain yang penggunaannya memang tidak difokuskan untuk GPS

Sewa Hosting Server macam2, karena server bukan milik sendiri, jika menyewa,maka konsumen akan dikenai biaya, juga ada yang trial gratis untuk bulan/tahun pertama selanjutnya akan dikenai biaya, ada juga yg gratis tentu dengan segala kekurangan.

Kualitas Versus Harga

JANGAN mudah jatuh hati dengan harga murah, Ada Harga Ada Kualitas. Banyak sekali GPS murah dipasaran, dan sudah jadi hukum wajib dalam produk elektronik, semakin mahal maka semakin tinggi teknologinya, lengkap fitur-fiturnya, dan yang terpenting pelayanan after salesnya.

Tim Support Provider

Pastikan Produk GPS Tracker mempunyai layanan support, teknisi yang siap membantu anda, jangan sampai anda sudah mengeluarkan uang yang tidak sedikit, namun pelayanan mengecewakan bahkan tanpa adanya teknisi yang untuk instalasi produk.

BACA JUGA :  Jenis Ban yang Cocok Pada Musim Hujan

Eksistensi Perusahaan

GPS Tracker adalah produk investasi jangka panjang, akhir-akhir ini banyak perusahaan GPS yang berdiri namun ga sedikit yang tidak konsisten hingga akhirnya perusahaan tutup. jika GPS Tracker yang anda beli tidak ada lagi dukungan dan layanan, ga akan ada fungsinya lagi.

Ijin Resmi dan Sertifikasi Postel

Ini salah satu yang paling penting.. Pastikan Produk GPS Tracker anda telah dilengkapi sertifikat dan mendapatkan Ijin Resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sekian postingan singkat tentang tips untuk memilih GPS Tracker, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Singkat kata amankanlah MOBIL Anda sebaik mungkin dengan teknologi yang mampu meminimalisir angka kejahatan.

Sumber Artikel : otoneters.com